PENGERTIAN KONGRES WANITA INDONESIA

adsense-fallback

PENGERTIAN KONGRES WANITA INDONESIA – Disingkat Ko­wani, sebuah organisasi wanita lndonesia yang meru­pakan kelanjutan Kongres Perempuan Indonesia tahun 1928 yang dilangsungkan di Yogyakarta, yang tejah disempurnakan struktur dan tujuan organisasi­nya. Kowani berasaskan Pancasila. Bahkan dalam Anggaran Dasarnya, sila-sila Pancasila itu ditulis lengkap, untuk menghindari perbedaan interpretasi.

adsense-fallback

Berbeda dengan organisasi-organisasi wanita lain­nya, bentuk organisasi Kowani merupakan gabungan dari organisasi-organisasi wanita Indonesia yang bertingkat nasional. Selain itu, juga ditegaskan bahwa organisasi wanita yang secara historis mempunyai sa­ham terhadap Kowani juga menjadi anggotanya.

Pembentukan Kowani merupakan jawaban atas ke­sadaran kaum wanita bahwa pergerakan wanita Indo­nesia sebenarnya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pergerakan bangsa Indonesia, baik da­lam jaman pergerakan nasional, jaman kemerdekaan, maupun dalam rangka mengisi kemerdekaan. Di sam­ping itu, kesadarannya atas rasa tanggung jawab un­tuk mengisi kemerdekaan merupakan pendorong dan landasan terbentuknya organisasi wanita ini.

Secara rinci, Kowani juga menguraikan bahwa tu­gas yang disandangnya untuk mengisi kemerdekaan itu meliputi: (1) menggalang persatuan dan membina kerja sama segenap potensi wanita Indonesia; (2) menggariskan dan melaksanakan pokok-pokok per­juangan wanita Indonesia untuk mewujudkan masya­rakat adil dan makmur yang diridhoi Tuhan YME, yang menjamin pelaksanaan hak-hak wanita Indone­sia sebagai manusia dan warga negara; (3) melaksana­kan amanat penderitaan rakyat dalam rangka mengisi kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia de­ngan menempatkan wanita di dalam masyarakat se­suai dengan kedudukan, fungsi, dan profesinya; (4) menjelmakan pribadi wanita Indonesia yang mampu menjalankan dan menyalurkan fungsi dan profesinya dengan baik serta mengintensifkan partisipasi kaum wanita dalam .pembangunan negara; (5) memupuk dan memelihara perdamaian dunia serta membina persahabatan antara bangsa-bangsa berdasarkan per­samaan hak dan derajat. Kowani juga mempunyai sebuah deklarasi, yang merupakan salah satu hasil kongresnya yang ke-XIII di Jakarta bulan Mei 1974.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback