Advertisement

PENGERTIAN KONGESTI – Dalam bidang kedokteran, sering di­kaitkan dengan bendungan pembuluh darah dalam ja­ringan tubuh. Pembuluh darah dapat terbendung kare­na adanya penyumbatan, infeksi, atau trauma. Kongesti karena penyumbatan dapat terjadi misalnya pada penderita gagal jantung. Pada keadaan ini, bilik kiri gagal memompakan darah ke seluruh tubuh se­hingga sisa darah yang tidak terpompa akan berbalik ke serambi kiri. Akibatnya, darah yang berasal dari paru akan terbendung sehingga alirannya terhambat ketika masuk ke serambi kiri. Pembuluh darah arteri paru akan mengalami kongesti hebat bila tidak segera diambil tindakan untuk mengatasi gagal jantung.

Kongesti pembuluh darah pada infeksi atau trauma jaringan terjadi akibat aliran darah yang bertambah dan pembengkakan sel. Keadaan ini merupakan ba­gian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk mem­bersihkan jaringan yang terkena infeksi atau trauma dari sisa-sisa kuman dan jaringan yang rusak. Bila ja­ringan tersebut mulai menyembuh, kongesti pun berangsur-angsur hilang.

Advertisement

Istilah kongesti sering juga dikaitkan dengan pe­nyumbatan hidung. Pada penyakit alergi dan radang hidung sering terjadi kongesti hidung sehingga pema­pasan menjadi sesak. Keluhan ini dapat berkurang bi­la penderitanya diberi obat antialergi.

Advertisement