PENGERTIAN KONG HOA SIE

adsense-fallback

PENGERTIAN KONG HOA SIE – Atau Guang Hua Si, nama salah satu wihara di Jakarta yang memegang peranan pen­ting dalam proses pengembangan agama Budha di In­donesia. Nama ini berkaitan dengan nama wihara yang sama di Nanshan, Cina.

adsense-fallback

Kehadiran wihara ini erat hubungannya dengan upaya Yang Ajya Sanghanata Aryamula Mahabiksu (Pen Ching Lao Ho Sang) mengembangkan agama Budha di Jakarta. Biksu berasal dari Kong Hoa Sie, Cina, ini merantau dan menjejakkan kakinya pertama 100 kali di bumi Indonesia pada tahun 1901. Dalam pe­ngembaraannya di Indonesia, ia menetap di Jakarta pada tahun 1926. Ia memulainya dengan menempati sebuah cetiya, Giok Lian Tong, di daerah Petak Sin- kian, Tangki, Jakarta Barat. Setelah tempat ini dise­rahkan kepadanya untuk diurus lebih lanjut, ia men­dapat dukungan umat untuk membangun sebuah wihara. Ini terjadi pada tahun 1951, dan sejak saat itu wihara tersebut resmi dinamakan Kong Hoa Sie. Di wihara inilah datang calon biku dari Bogor untuk ber­guru kepadanya; dialah yang dikenal dengan nama Ashin Jinarakkhita, pelopor kebangkitan Agama Bu­dha Indonesia.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback