PENGERTIAN KONFERENSI PERS

adsense-fallback

PENGERTIAN KONFERENSI PERS – Suatu pertemuan dengan para wartawan untuk menyampaikan bahan informasi de­ngan harapan agar disiarkan di media yang diwakili wartawan tersebut. Selesai penyampaian bahan infor­masi, biasanya diadakan tanya-jawab, tetapi ada kala­nya kesempatan itu ditiadakan. Konferensi pers dapat diadakan dengan mengundang para wartawan beberapa hari sebelumnya„tetapi aapaf juga diselenggarakan secara mendadak.

adsense-fallback

Konferensi pers yang mendadak diadakan karena suatu sumber informasi kebetulan bertemu dengan se­jumlah wartawan sesudah melakukan suatu kegiatan yang dianggap penting. Konferensi pers seperti ini di­hadiri para wartawan yang kebetulan bertugas di tem­pat tersebut. Ada pula sumber informasi, misalnya de­partemen pemerintah, yang menganggap perlu menyelenggarakan konferensi pers secara berkala, umpamanya seminggu sekali.

Konferensi Pers Jarak Jauh.

Selain berhadapan muka secara langsung, konferensi pers pada jaman sa­telit dewasa ini dapat diselenggarakan dari jarak jauh melalui jaringan telepon dan komunikasi satelit. Kon­ferensi pers serupa ini disebut konferensi pers jarak jauh, atau dalam bahasa Inggris telepressconference. penyelenggara konferensi pers atau pemberi informa­si berada di satu kota atau negeri, sedangkan para war­tawan berada di kota atau negeri yang lain.

Pemberi informasi dapat pula beberapa orang, yang berbicara dari beberapa kota atau negeri yang berbe­da. Sebaliknya, para wartawan juga dapat berada di beberapa kota atau beberapa negeri yang jaraknya berjauhan. Teknologi canggih pada akhir abad ke-20 memungkinkan para peserta konferensi pers jarak jauh tidak hanya saling mendengar suara tetapi juga saling melihat wajah pihak lain dengan menggunakan jaringan transmisi audio dan video dua arah melalui jaringan telepon dan komunikasi satelit.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback