Advertisement

Disingkat KTN, suatu komisi Perserikatan Bangsa-bangsa yang bertugas menengahi konflik antara Indonesia dan Belanda. KTN bertugas menyelesaikan sengketa RI-Belanda secara damai. KTN dapat mengambil inisiatif dalam memecahkan masalah militer. Tetapi dalam masalah politik KTN hanya dapat memberikan saran dan tidak berhak meng: ibil keputusan.

Komisi ini terdiri atas tiga negara, yang masing- masing mengirimkan wakilnya. Wakil-wakil ini tidak selamanya tetap, tetapi dapat diganti sewaktu-waktu. Pihak Indonesia maupun Belanda masing-masing dipersilakan memilih satu negara yang dipercaya untuk penghentian tembak-menembak akibat Agresi Militer Belanda yang dilancarkan terhadap Indonesia (daerah Republik Indonesia) pada tanggal 21 Juli 1947. Kedua negara pilihan Indonesia $an Belanda memilih satu negara lain untuk ikut sertai sebagai anggota komisi. Pihak Indonesia memilih Australia, Belanda memilih Belgia, dan kedua negara itu memilih Amerika Serikat. Dengan demikian KTN terdiri atas Australia (diwakili Richard Kirby), Belgia (diwakili Paul van Zeeland), dan Amerika Serikat (diwakili Dr. Frank Graham).

Advertisement

Pada bulan Oktober 1947, KTN mulai bekerja di Indonesia. KTN berusaha memecahkan konflik Indo- nesia-Belanda lewat meja perundingan. Atas upaya KTN kedua pihak sepakat mengadakan perundingan di atas kapal Angkatan Laut Amerika Serikat yang bernama Renville pada tanggal 8 Desember 1947 (lihat RENVILLE).

Perundingan antara Indonesia dan Belanda yang disaksikan oleh KTN ini berjalan alot. Akhirnya kedua pihak pada tanggal 17 Januari 1948 sepakat me-nandatangani gencatan senjata dan prinsip-prinsip politik yang telah disetujui dan disaksikan oleh KTN.

Namun dalam perkembangan selanjutnya Belanda melanggar Persetujuan Renville dan gencatan senjata. Belanda bahkan melancarkan agresi militernya kembali terhadap RI dan menduduki Yogyakarta, ibu kota RI ketika itu.

KTN kembali mengambil inisiatif meredakan konflik antara kedua pihak. KTN mengajak Indonesia dan Belanda berunding kembali pada tanggal 14 April 1949. Perundingan diadakan di Hotel Des Indes Jakarta di bawah pimpinan Merle Cochran (wakil dari Amerika Serikat). Perundingan ini diselenggarakan atas dasar resolusi Dewan Keamanan PBB tanggal 28 Januari 1949, yang antara lain menyerukan penghentian aksi militer Belanda dan pengembalian pemimpin RI yang menjadi tawanan ke Yogyakarta.

Berkat usaha keras yang dilakukan oleh Merle Cochran, pada tanggal 7 Mei 1949 dicapai kata sepakat dari kedua pihak untuk mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB tersebut (lihat ROEM-ROYEN, PERSETUJUAN).

 

Incoming search terms:

  • pengertian ktn seac

Advertisement
Filed under : Review, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian ktn seac