PENGERTIAN KOALA

adsense-fallback

PENGERTIAN KOALA – Suatu jenis hewan mamalia berkantung yang hanya terdapat di Australia. Kini, binatang ini menyebar dari pantai timur sampai ujung tenggara Benua Australia. Penampilan koala mirip beruang ke­cil, meskipun di antara keduanya tidak ada hubungan kekerabatan.

adsense-fallback

Tubuh koala diselimuti rambut, yang tebal, halus, dan lembut, berwarna abu-abu pucat atau cokelat ke­kuningan di bagian punggung dan putih di bagian de­pan, Panjangnya 60 – 88 sentimeter dengan berat 7 14 kilogram. Ekor tidak ada. Pada wajahnya yang le­bar terdapat hidung besar tidak berbulu yang dikeli­lingi kulit keras. Matanya kecil berwarna kuning. Kupingnya bulat berambut halus. Kakinya bercakar tajam dan melengkung dengan kuku panjang. Geng­gaman cakar ini kuat. Makanan utamanya daun dan tunas eukaliptus; namun berdasarkan penelitian lebih lanjut, hewan ini juga memakan daun pohon lain.

Koala aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari tidur. Binatang ini menghabiskan waktunya di atas pohon eukaliptus, dan hanya turun jika bermak­sud mendekati temannya. Koala melahirkan satu anak setiap melahirkan, setelah masa bunting 35 hari. Bayi koala ini kecil dan hanya berbobot 35 gram. Seperti hewan marsupialia lainnya, bayi koala yang belum tumbuh sempurna ini merayap menuju kantung induknya yang terletak di bagian perut. Dalam kan­tung ini, selama lebih kurang 7 bulan, bayi koala tum­buh hingga sempurna. Selanjutnya, anak koala terse­but tetap melekat di punggung induknya selama 6 bulan berikutnya. Koala muda mengalami matang pada usia 3-4 tahun. Dalam peliharaan, koa­la dapat hidup sampai 20 tahun.

Banyak koala mati karena diburu untuk diambil bu­lunya, terkena penyakit, kurang tersedianya bahan makanan, dan kebakaran hutan. Untuk menghindari kepunahan, hewan ini dilindungi undang-undang dan sengaja dikembangbiakkan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • Pengertian koala

adsense-fallback