Advertisement

Kewajiban Warganegara, Jika kita mengadakan perbandingan, pasal-pasal dalam UUD 1945 mengenai hak warganegara adalah lebih banyak daripada pasal-pasal mengenai kewajiban warganegara. Akan tetapi, kita harus pula menyatakan bahwa walaupun pasal-pasal mengenai kewajiban itu sedikit, isinya adalah sangat luas. Coba kita perhatikan dua pasal yang berikut:

Pasal 27:

Advertisement

Segala warganegara (bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan) wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecuali.

Pasal 30:

Tiap-tiap warganegara (berhak dan) wajib ikut serta dalam pembelaan negara.

Kita lihat bahwa kewajiban menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan yang diatur dalam pasal 27 di atas ternyata sangat luas daya cakupnya. Menjunjung tinggi hukum berarti menjunjung tinggi segala peraturan yang ada dan yang berlaku dalam Negara Republik Indonesia. Di dalamnya termasuk hukum yang tertulis dan hukum yang tidak tertulis.

Dalam pasal 30 kita lihat bahwa usaha pembelaan negara itu dinyatakan sebagai hak dan sebagai kewajiban bagi tiap-tiap warganegara. Dikatakan hak sebab mempertahankan negara itu adalah sesuatu yang harus dipandang sebagai sesuatu hak oleh tiap-tiap negara. Dikatakan kewajiban sebab mempertahankan negara itu, mau atau tidak, hams dilaksanakan oleh tiap-tiap warganegara (wajib bela negara).

Advertisement