Advertisement

Definisi keterasingan adalah keadaan emosional dipisahkan dari orang lain dan dari perasaan sendiri. Keterasingan perasaan yang kuat isolasi dan kesepian, dan berasal dari berbagai penyebab. Keterasingan dapat terjadi dalam menanggapi peristiwa tertentu atau situasi di masyarakat atau dalam kehidupan pribadi seseorang. Contoh peristiwa yang dapat menyebabkan perasaan individu keterasingan termasuk hilangnya seorang pemimpin kelompok karismatik, atau penemuan bahwa seseorang yang menjabat sebagai model peran yang mempunyai kekurangan yang serius. Contoh pribadi peristiwa adalah kematian dalam keluarga, perubahan pekerjaan, perceraian, atau meninggalkan rumah untuk pertama kalinya. Walaupun kebanyakan orang mungkin menemukan bahwa kejadian tersebut memicu perasaan sementara kekecewaan atau kesepian, persentase kecil akan mampu mengatasi peristiwa ini, dan akan merasa putus asa terombang-ambing dan sendirian.

Banyak sosiolog telah diamati dan dikomentari peningkatan ini rasa keterasingan kalangan anak muda sejak 1960-an. Keterasingan ini atribut mereka untuk berbagai kondisi masyarakat: perubahan yang cepat dalam masyarakat selama periode ini, peningkatan alkohol dan obat penyalahgunaan, kekerasan di media, atau kurangnya nilai-nilai bersama dalam budaya pada umumnya. Beberapa sosiolog mengamati bahwa individu menjadi terasing ketika mereka menganggap pemerintah, pekerjaan, atau lembaga pendidikan sebagai dingin dan impersonal, tidak responsif kepada mereka yang membutuhkan layanan mereka. Seluruh kelompok mungkin mengalami keterasingan — misalnya, etnis minoritas atau penduduk kota lingkungan yang merasa peluang dan keuntungan dari masyarakat arus utama berada di luar jangkauan mereka. Perasaan terpisah dari masyarakat bukanlah satu-satunya cara seseorang mengalami keterasingan: kadang-kadang individu merasa keterasingan sebagai ketidakharmonisan dengan diri sejati nya. Kondisi ini berkembang saat seseorang menerima harapan masyarakat (untuk mengambil alih sebuah bisnis keluarga, misalnya) yang bertentangan dengan tujuan sejati seseorang, perasaan, atau keinginan (mungkin untuk menjadi seorang guru). Dia mungkin muncul untuk menjadi sukses dalam peran lain mengharapkan dia untuk menganggap, tetapi keinginannya benar tersembunyi, meninggalkan Dia merasa sangat bertentangan dan sendirian. Di tempat kerja, pekerjaan telah menjadi semakin Khusus sejak 1700 dan revolusi industri. Pekerja dapat melihat sedikit hubungan antara tugas-tugas yang mereka lakukan dan produk akhir atau layanan, dan dengan demikian mungkin merasa intens kesepian sementara di tengah lingkungan kerja sibuk.

Advertisement

Pada 1840-an, American penulis dan filsuf Henry David Thoreau (1817-1862) mengamati bahwa “massa pria memimpin kehidupan putus asa tenang. Apa yang disebut pengunduran diri adalah dikonfirmasi putus asa.” Thoreau ditangani keterasingan perasaan sendiri oleh mundur ke kehidupan yang soliter, sederhana di tepi kolam Walden di Massachusetts pedesaan. Ia merasa kurang terisolasi ada — bahkan meskipun ia hidup dalam kesendirian-daripada ketika ia tinggal di kota, yang dikelilingi oleh orang-orang. Ketika tinggal di kota, perasaannya keterasingan berhadapan dengan dia setiap hari, karena aktivitas tidak mencerminkan benar perasaan dan keinginan. Keterasingan dinyatakan secara berbeda oleh orang yang berbeda. Beberapa menjadi ditarik dan lesu; orang lain dapat bereaksi dengan permusuhan dan kekerasan; masih orang lain mungkin menjadi bingung, menolak nilai-nilai tradisional dan perilaku dengan mengadopsi penampilan aneh dan pola perilaku yang tidak menentu. Sebagai masyarakat mengalami perubahan yang cepat, dan nilai-nilai tradisional dan perilaku standar ditantang, beberapa orang menemukan sedikit mereka dapat percaya dan jadi mengalami kesulitan untuk membangun realitas di mana mereka dapat menemukan tempat untuk diri mereka sendiri. Ini adalah untuk alasan ini bahwa keyakinan sosial dan budaya memainkan sebuah peran penting dalam membawa atau menghindari rasa keterasingan. Psikolog membantu orang mengatasi keterasingan perasaan mengembangkan latihan atau merancang tugas-tugas tertentu untuk membantu orang menjadi lebih terlibat dalam masyarakat. Sebagai contoh, dengan mengidentifikasi individu terasing benar perasaan, psikolog mungkin menyarankan kegiatan relawan atau perubahan pekerjaan untuk membawa individu dengan masyarakat dengan cara yang memiliki makna bagi dia. Beberapa memiliki diusulkan mengobati epidemi keterasingan kalangan anak muda di Amerika oleh pembinaan solusi sosial daripada individu solusi. Salah satu solusi sosial tersebut adalah gagasan communitarianism, sebuah gerakan yang dimulai pada awal 1990-an oleh Amitai Etzioni, seorang profesor sosiologi dari George Washington University di Washington, DC Etzioni menjadi seorang pembicara populer dan penulis di pertengahan 1990-an dengan publikasi dari bukunya, semangat masyarakat. Etzioni melakukan advokasi untuk kembali ke nilai-nilai masyarakat untuk menggantikan merajalela keterasingan budaya kontemporer, pendidikan untuk memperkuat bersama masyarakat moral berfokus pada nilai-nilai keluarga, dan ketat menegakkan langkah-langkah anti-kejahatan. Gerakan ini telah bertemu kritik serius, namun; libertarian sipil kelompok prihatin tentang komunitarian kepercayaan bahwa hak-hak tertentu dapat dan harus dibatasi untuk kebaikan masyarakat.

Advertisement
Filed under : Psikologi,