Advertisement

Menimbulkan kematian mendadak bila seseorang menelan 300 miligram garam sianida atau menghirup 100 miligram asam sianida (HCN). Pemaparan terhadap udara yang mengandung asan< sianida dengan konsentrasi 1 : 5.000 juga dapat mematikan dalam waktu 30 menit. Karena cepatnya kerja racun ini, pemberian antidotum yang sesegera mungkin sangatlah menentukan. Antidotum yang dipakai biasanya adalah amil nitrit, natrium nitrit, dan larutan natrium tiosulfat 25 persen.

Bila keracunan terjadi dalam dosis subletal, penderitanya tidak mati dan racun sianidanya akan cepat dinetralisasi melalui pengikatan oleh ion sulfur. Proses ini berlangsung dalam beberapa jam saja, sehingga penderitanya akan sehat kembali tanpa menderita efek sisa. Gejala yang timbul biasanya mual, muntah, pernapasan cepat, kesadaran menurun, dan timbulnya warna kebiruan pada kulit.

Advertisement

Sianida sering dipakai dalam industri karet dan plastik. Selain itu senyawa ini dipakai dalam berbagai proses kimiawi dalam industri lainnya. Di alam, sianida kadang-kadang dapat ditemukan di dalam umbi tanaman, misalnya singkong.

Advertisement