PENGERTIAN KAYU KUKU

adsense-fallback

PENGERTIAN KAYU KUKU – Suatu jenis tumbuhan yang ditemu­kan di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sula­wesi, Maluku, dan Irian Jaya. Pohon kuku dapat men­capai tinggi 35 – 40 meter. Batangnya berbanir dan sering kali berbonggol-bonggol. Kulit batangnya pu­tih kelabu, tanpa lentisel, dan waktu muda mengan­dung khloroplas. Kayu kuku termasuk kayu berat de­ngan berat jenis 0,94 dan kualitas baik dengan kelas kuat I dan kelas awet II. Warna kayu gubalnya putih atau abu-abu, sedangkan kayu terasnya cokelat muda, nierah, atau merah tua. Muka kayu yang sudah diger­gaji terasa licin dengan tekstur yang agak halus. Kayu ini termasuk mudah retak, mudah mengembang dan penyusut, serta agak sulit digergaji ataupun dipapas.

adsense-fallback

Kayu kuku dikenal sebagai kayu mewah dengan ni­lai dekoratif sangat tinggi, sehingga baik sekali untuk pembuatan mebel, veneer, panel, dan lain-lain.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback