PENGERTIAN JAKA TINGKIR

adsense-fallback

Merupakan nama kecil Sultan Adiwijaya, sultan Kerajaan Pajang (dekat Solo), yang juga disebut Mas Karebet. Ia menantu Sultan Trenggono, raja Demak yang ketiga. Sejak kecil hingga dewasa ia diasuh sahabat seperguruan ayahnya, Ki Ageng Tingkir sehingga ia disebut Jaka Tingkir.

adsense-fallback

Pada masa pemerintahan Sultan Trenggono, Adiwijaya diangkat menjadi Bupati Pajang. Setelah Sultan Trenggono gugur dalam suatu pertempuran (1550), timbul kekacauan. Dalam peperangan memperebutkan mahkota, Pangeran Adiwijaya berhasil mengalahkan Aria Penangsang, anak saudara Sultan Trenggono. Ia kemudian memindahkan ibu kota Kerajaan Demak ke Pajang dan bertakhta sebagai Sultan Pajang dengan gelar Sultan Adiwijaya. Dalam kembangannya, daerah-daerah yang semula berada di bawah kekuasaan Majapahit mengakui kedaulatan Kesultanan Pajang.

Dalam suatu pertempuran, Senopati berhasil mem. bunuh Sultan Adiwijaya (1582). Dengan demikian kekuasaan Kesultanan Pajang berakhir dan kedudulj annya digantikan Kerajaan Mataram.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback