PENGERTIAN INDUSTRI LEASING

adsense-fallback

PENGERTIAN INDUSTRI LEASING – Suatu kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal yang akan digunakan oleh suatu perusahaan untuk suatu jangka waktu tertentu, berdasarkan pem­bayaran secara berkala disertai hak pilih bagi perusa­haan penerima dana untuk membeli barang-barang modal yang bersangkutan atau memperpanjang jang­ka waktu leasing berdasarkan nilai sisa yang disepa­kati bersama. Industri leasing mulai beroperasi secara resmi di Indonesia sejak 7 Februari 1974.

adsense-fallback

Pada dasarnya dikenal dua macam kegiatan leasing, yaitu financial lease atau capital lease, dan . operating lease. Dalam financial lease, pihak perusa­haan (disebut lessee), berkewajiban membayar seca berkala kepada pihak lessor (penyedia dana) atas ba rang modal yang digunakannya, sedangkan kepemi likan dipegang oleh lessor. Pada waktu kontrak leas berakhir, lessee berhak mengambil alih atau membel barang modal tersebut sesuai dengan ketetapan kontrak. Perjanjian ini mengikat kedua pihak sampai berakhirnya masa kontrak. Dengan kata lain, perjan jian ini tidak dapat dibatalkan secara sepihak (non cancellable).

Operating lease adalah kontrak sewa-menyewa biasa. Pihak lessor menyediakan barang modal untuk digunakan oleh lessee selama masa kontrak, dan pi­hak lessee berkewajiban membayar uang sewa. Pada waktu berakhirnya masa kontrak, lessee berkewajiban mengembalikan barang modal tersebut. Dengan kata lain, di sini lessee tidak mempunyai hak untuk meng- ambiLalih atau membeli barang modal yang dijadikan objek lease.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback