Advertisement

PENGERTIAN IKATAN SARJANA EKONOMI INDONESIA. Di­singkat ISEI, organisasi para sarjana ekonomi Indo­nesia. Organisasi ini didirikan di Jakarta pada tang­gal 14 Januari 1955, dengan Dr. Moh. Hatta sebagai pelindung dan Prof. Sumitro Djojohadikusumo se­bagai ketuanya. Menurut anggaran dasarnya, ISEI di­dasarkan pada kesarjanaan dan tidak mengikatkan diri pada partai politik mana pun, serta berasaskan Pancasila. Menurut catatan tahun 1987, cabang ISEI berjumlah 25 buah, tersebar di seluruh Nusantara.

Tujuan ISEI adalah: (1) menghimpun sarjana- sarjana ekonomi Indonesia dalam suatu ikatan guna membaktikan diri kepada negara, nusa, dan bangsa untuk mencapai masyarakat adil dan makmur ber­dasarkan Pancasila; (2) menggali dan mengembang­kan ilmu ekonomi untuk dimanfaatkan bagi pem­bangunan Indonesia; (3) memelihara kepentingan dan persatuan yang erat antara para anggota Ikatan Sar­jana Ekonomi Indonesia sambil mengembangkan pe­ngetahuan dan kemampuan para anggota.

Advertisement

Sejak Orde Baru, pengurus pusat ISEI merintis sua­tu kebiasaan menyampaikan pokok-pokok pikiran ke­pada pemerintah pada akhir sidang pleno dan kongres­nya.

Pokok-pokok pikiran yang mencerminkan sikap tanggap sarjana ekonomi Indonesia terhadap keadaan masyarakat tersebut dilengkapi rekomendasi yang ber­guna dalam bidang pembangunan ekonomi Indonesia.

ISEI mengimbau pemerintah dan masyarakat agar memusatkan perhatiannya pada beberapa anak-sasaran “delapan jalur pemerataan”, terutama kepada per­luasan kesempatan kerja, pemerataan pembangunan ke daerah-daerah, dan pemerataan kesempatan ber­usaha bagi dunia swasta.

Advertisement