Advertisement

HAK ASASI MANUSIA , Sebelum melihat pendapat para ahli (reference) tentang hakikat HAM serta sejarah lahir dan perkembangannya, marilah kiln menguji pemahaman kita tentang HAM. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kemungkinan adanya persamaan pemikiran saudara dengan pemikiran para ahli.

Pernahkah saudara berfikir hak-hak apa saja yang seharusnya anda miliki? Bekerjalah secara berkelompok (4 — 5 orang) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini.

Advertisement
  1. Apa itu hak asasi manusia ?
  2. Tulislah hak-hak yang semestinya anda miliki. Dan berikan argumen untuk mendukung pemikiran saudara itu?
  3. Diantara hak-hak yang anda pikirkan, hak mana yang menurut saudara paling penting? Berikan alasan saudara?

Menurut Jan Materson dari komisi HAM PBB, hak asasi manusia adalah hak-hak yang melekat pada setiap manusia, yang tanpa hak-hak tersebut manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia. Pengertian tersebut dapat saudara baca dalam ABC, Teaching Human Rights, yang merumuskan HAM dengan pengertian, “Human rights could be generally defined as those rights which are inherent in our nature and without which can not live as human being “.

Hak asasi manusia adalah hak dasar atau hak pokok manusia yang dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa, bukan pemberian manusia atau penguasa. Hak ini sifatnya sangat mendasar bagi hidup dan kehidupan manusia yang bersifat kodrati yakni is tidak bisa terlepas dari dan dalam kehidupan manusia.

Dalam undang-undang tentang hak asasi manusia pasal 1 dinyatakan : “Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia”

Advertisement