Advertisement

Gimnosperma, tumbuhan berpembuluh yang taraf organisasinya _tbih tinggi daripada pteridofita membentuk sebuah kelomDk, yaitu tumbuhan berbiji (Spermopsida) yang dicirikan 3ieh adanya megasporangium yang bermodifikasi, yang ziisebut bakal biji (ovules). Secara botani istilah biji memiliki arti yang tepat dan mengacu kepada struktur yang terbentuk dari bakal biji setelah dibuahi. Ada dua ciri penting yang membedakan biji dari megasporangium pteridofita (5.1). Pertama, sebuah megaspora tunggal yang berfungsi akan :etap berada di dalam megasporangium. Kedua, megasporangium memiliki satu atau beberapa lapisan pembungkus, yang isebut integumen, yang membungkus seluruh megasporangium, kecuali pada bagian ujungnya yang memiliki sebuah :ubang kecil, yang disebut mikropil. Integumen itu secara morfologi adalah bagian dari megasporangium dan bukan penonjolan dari megasporofil. Sampai pada tahap pembuahan struktur majemuk ini terdiri atas megasporangium sejati (atau pada tumbuhan berbiji disebut nuselus) dan satu atau beberapa integumen, disebut bakal biji, sehingga dapat didefinisikan sebagai ‘megasporangium yang tak pecah dan berintegumen yang berisi sebuah megaspora tunggal yang berfungsi’. Setelah terjadi pembuahan bakal biji berkembang menjadi biji, yang setelah matang dipencarkan dari tumbuhan tetuanya. Struktur pembiakan tumbuhan berbiji telah diberi nama jauh sebelum homologinya dengan struktur lain yang dijum-pai pada pteridofita dimengerti benar, karena itulah struktur-pembiakan pada pteridofita dinamai dengan satu set istilah yang berbeda. Daftar berikut mencantumkan perbandingan istilah yang digunakan untuk struktur yang homolog antara kedua kelompok itu.

Selain adanya bakal biji (yang kemudian menjadi biji), tak ada lagi kriteria absolut yang memisahkan tumbuhan berbiji dari pteridofita. Sebagai satu kelompok, tumbuhan berbiji secara struktural lebih kompleks dan memperkan ke-anekaragaman bentuk yang jauh lebih besar daripada pteridofita, tetapi jika diperhatikan bagian vegetatifnya saja, kedua kelompok ini bergabung satu sama lain. Perbedaannya lebih tidak jelas pada masa geologi yang telah silam daripada masa kini, dan beberapa marga tumbuhan fosil memiliki ental yang tidak mudah dibedakan dari paku tetapi berkembang biak dengan biji.

Advertisement

Tumbuhan berbiji dibagi menjadi dua kelompok utama. yaitu gimnosperma (berarti biji telanjang) dan angiosperm.- (berarti biji berbejana), yang masing-masing berbeda dalarr cara membawa bakal bijinya. Gimnosperma membawa baka: bijinya di luar pada permukaan megasporofilnya atau struktu7 analognya yang disebut sisik pendukung bakal biji (ovuliferous scales), yang berkelompok menjadi strobilus yang berkayu dan disebut runjung (kecuali pada Cycas, di antara wakil kelompok ini yang masih hidup).

 

 

 

Advertisement