PENGERTIAN FUNGSI KEGUNAAN

26 views

UTILITY / KEGUNAAN adalah 1. kepuasan atau kesenangan yang diperoleh oleh seorang individu dari KONSUMSI (CONSUMPTION) suatu BARANG (GOOD) atau JASA (SERVICE). Lihat UTIL, CARDINAL UTILITY, ORDINAL UTILITY, MARGINAL UTILITY, TOTAL UTILITY, UTILITY FUNCTION, DIMINISHING MARGINAL UTILITY. 2. Lihat PUBLIC UTILITY.

UTILITY FUNCTION / FUNGSI KEGUNAAN adalah suatu fungsi yang menunjukkan kuantitas barang dan jasa yang dikonsumsi oleh seorang individu, dengan formula: ¦ Ut = U (XPX2, ….xn) di mana Ut = kegunaan total dan Xp X^, Xn = produk yang dikonsumsi. Untuk mencapai KESEIMBANGAN KONSUMEN (CONSUMEREQUILIBRIUM), maka individu yang bersangkutan akan memilih suatu kombinasi produk sesuai dengan pilihannya, yang memaksimalkan KEGUNAAN TOTALnya (TOTAL UTILITY) dari pendapatan yang diperoleh.
Lihat CARDINAL UTILITY, ORDINAL UTILITY, MARGINAL UTILITY.

U-TURN / TIKUNGAN BERBENTUK U adalah suatu pemutaran KEBIJAKAN EKONdivii (ECONOMIC POIJCY) pemerintah yang tiba-tiba, sering dikarenakan oleh beberapa kejadian yang tidak terduga sebelumnya (seperti peningkatan harga minyak pada tahun 1973 dan 1979, serta depresiasi pound Inggris pada tahun 1992); atau suatu pemikiran kembali suatu prakarsa kebijakan tertentu yang telah gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *