PENGERTIAN FRAMBUSIA TROPIS

adsense-fallback

Atau patek, merupakan suatu penyakit menular pada manusia yang menim­bulkan kelainan-kelainan pada kulit (lesi), dan yang pada stadium lanjut dapat menimbulkan perlukaan dan dapat menyerang tulang. Penyebabnya adalah ku­man berbentuk spiral yang disebut Treponema perte- nue. Di Indonesia dulu banyak ditemukan kasus pa­tek, tetapi sekarang hampir tak ada. Hanya di dae­rah tertentu saja penyakit ini dapat dijumpai. Tetapi pada awal tahun 1989 terjadi lonjakan jumlah kasus di wilayah tertentu, misalnya di Banten, Jawa Barat.

adsense-fallback

Infeksi biasanya diperoleh karena kontak langsung (), dan agaknya lalat berperanan dalam terjadinya infeksi ini. Penyakit ini terdapat di daerah tropika, terutama yang memiliki curah hujan tinggi. Penyakit ini dikenal dengan berbagai nama seperti yaws (Inggris), bouba (Portugis), buba (Spanyol), framboesia (Belanda, Jerman), dan pian (Perancis). Karena kuman penyebab penyakit ini sangat erat per­kerabatannya dengan kuman penyebab sifilis, yaitu T. pallidum, serum penderita patek akan memberi­kan hasil positif pada reaksi serologik terhadap sifi­lis. Penisilin dikenal efektif untuk mengobati penya­kit ini.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback