Advertisement

Berarti perubahan bentuk tubuh atau sifat seseorang ke arah perempuan, sebagai lawan dari virilisasi, yaitu perubahan ke arah laki-laki. Feminisasi testis merupakan kelainan perkembangan kela­min, sehingga seseorang mempunyai susunan kromo­som laki-laki (XY) dan mempunyai testis, tetapi mem­punyai bentuk tubuh dan alat kelamin luar perem­puan. Kelainan ini termasuk kelompok hermafrodit semu (pseudo hermaphrodite) dan disebabkan oleh reaksi abnormal jaringan terhadap androgen atau hor­mon laki-laki.

Pada individu dengan feminisasi testis, kelenjar ke­laminnya (testis) berfungsi normal dan dapat mem­buat hormon androgen pada masa embrioniknya. Biasanya hormon androgen ini akan mengatur per­kembangan dengan merangsang jaringan-perut, sehingga tidak tampak dari luar. Testis yang tidak berada pada tempat yang seharusnya ini dapat menimbulkan kanker, maka ja­ringan tersebut sebaiknya dikeluarkan.

Advertisement

Dikenal beberapa bentuk feminisasi testis dengan tingkat kelainan dan sifat genetika yang berbeda. Orientasi psikoseksual individu yang mengalami fe­minisasi testis bergantung pada cara orang tersebut dibesarkan. Cara orang itu dibesarkan bergantung pa­da derajat kelainannya. Jika individu tersebut dibe­sarkan sebagai anak perempuan karena bentuk alat kelaminnya menyerupai alat kelamin perempuan, ma­ka ia akan bersifat perempuan. Sering kali bentuk fi­sik individu dengan kelainan feminisasi testis tidak da­pat dibedakan dari perempuan tulen dan sering kali mereka sempat menikah sebelum kelainannya dike­tahui. Perkembangan buah dada dan bentuk tubuh sama seperti perempuan tulen, tetapi rambut kema­luan dan rambut ketiak tidak ada. Umumnya kelain­an baru diketahui setelah orang yang bersangkutan dewasa, karena walaupun tubuhnya berbentuk seperti perempuan tulen, ia tidak mengalami menstruasi dan karena itu memeriksakan diri pada dokter. Kadang- kadang adanya kelainan baru diketahui setelah sese­orang menikah dan lama tidak mendapatkan anak atau bahkan sulit mengadakan hubungan kelamin. Konon, ada seorang dokter ahli genetika yang sem­pat mengawini seorang yang mempunyai kelainan fe­minisasi testis dan baru mengetahuinya kemudian. Pe­ristiwa tersebut menunjukkan bahwa kadang-kadang amat sulit membedakan orang yang mengalami femi­nisasi testis dengan seorang perempuan tulen. Untuk memastikan kelainan feminisasi testis perlu dilakukan pemeriksaan kromosom.

Incoming search terms:

  • apa itu feminisasi testikuler

Advertisement
Filed under : Kesehatan, Review, tags:

Incoming search terms:

  • apa itu feminisasi testikuler