Advertisement

EUGLENOPHYTA ., Ciri-ciri Umum Euglenoid adalah sekelompok kecil tumbuhan air yang menggabungkan ciri-ciri khas tumbuhan dan hewan sedemikian rupa sehingga sulit untuk mengklasifikasi organisme ini apakah sebagai tumbuhan atau hewan. Ciri-ciri umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Organisme bersel tunggal dengan susunan sel eukariota.
  2. Selnya tidak dibungkus oleh dinding selulosa melainkan oleh pelikel berprotein, yang berada di dalam plasmalema.Pada kebanyakan euglenoid, pelikel itu mudah lentur dan memungkinkan perubahan bentuk sel, tetapi pada beberapa jenis, pelikel ini kaku dan sel memiliki bentuk tetap.
  3. Ujung depan sel euglenoid melekuk ke dalam membentuk saluran yang ujung dalamnya meluas menjadi rongga yang kurang lebih membulat membentuk reservoar. Saluran dan reservoar itu, walaupun dianggap sebagai terusan tempat partikel makanan padat masuk ke dalam sel, mungkin tak terlibat dalam pencernaan makanan padat pada euglenoid yang tak berwarna.
  4. Beberapa euglenoid berfotosintesis, dan yang lain tidak. Anggota-anggota yang berpigmen memiliki kloroplas berisi klorofil a dan b. Hasil fotosintesis disimpan sebagai paramilon, sebuah polimer glukosa, yang berbentuk butiran dalam sitoplasma.
  5. Pada dasarnya euglenoid memiliki dua buah flagel tipe cambuk berjumbai, dengan tonjolan lateral yang berupa bulu terletak pada satu barisan sepanjang flagel.
  6. Perkembangbiakan seksualnya mungkin tidak terjadi, atau jika ada, jarang sekali terjadi.

Sebagai sebuah kelompok, euglenoid menyenangi habitat air tawar, terutama perairan yang sempit tetapi kaya akan senyawa nitrogen organik. Euglena, marga tipe yang barang-kali memiliki lebih dari 150 jenis, dipilih sebagai contoh divisi

Advertisement

 

Advertisement