PENGERTIAN ENDOKRINOLOGI

adsense-fallback

Suatu cabang ilmu yang mem­pelajari fungsi hormon dan penyakit-penyakit yang didasari oleh kelainan hormonal. Endokrinologi me­rupakan cabang ilmu yang tidak berdiri sendiri, me­lainkan melibatkan cabang-cabang ilmu lain seperti anatomi, biologi, biokimia, patologi, ilmu faal, far­makologi, dan ilmu-ilmu klinik.

adsense-fallback

Istilah hormon pertama kali dikemukakan oleh Bayliss Starling (1902) dan berasal dari perkataan Yu­nani horman, yang berarti merangsang atau mem­bangkitkan. Hormon ini merupakan zat kimia yang disekresi oleh kelenjar endokrin. Berbeda dengan ke­lenjar eksokrin, kelenjar endokrin tidak memiliki sa­luran. Oleh karena itu hasil sekresinya langsung di­keluarkan ke aliran darah. Melalui aliran darah, hor­mon dibawa ke organ atau jaringan dalam tubuh yang disebut organ atau jaringan sasaran. Pada jaringan ini hormon mempengaruhi fungsi atau metabolisme­nya dengan mengatur aktivitas atau konsentrasi enzim- enzim di dalam sel sasaran.

Dari penelitian-penelitian dalam dasawarsa terakhir ternyata bahwa satu macam hormon dapat disintesis oleh lebih dari satu organ; misalnya noradrenalin di- bentuk di kelenjar adrenal, atau kelenjar anak ginjal, dan ujung sel saraf simpatis. Selain berfungsi sebagai hormon, noradrenalin ini juga bekerja sebagai peng­antar saraf.

Dari sejarah perkembangan endokrinologi sejak abad ke-19 dapat disebutkan nama peneliti-peneliti yang dikaitkan dengan penemuan-penemuan penting. Berthold pada tahun 1849 mempelajari hubungan antara gonad dan sifat-sifat  sekunder. Pada ta­hun 1855, Addison menguraikan secara terinci gejala- gejala penyakit defisiensi hormon anak ginjal. Hingga kini nama Addison masih dihubungkan dengan pe­nyakit ini. Pada abad ke-20 dicapai kemajuan yang pesat dalam pengetahuan mengenai diabetes melitus, yaitu dengan terungkapnya kekurangan insulin seba­gai penyebab penyakit itu. Pada tahun 1921, Banting dan Best untuk pertama kali berhasil mengisolasi insulin dari jaringan pankreas. Hal ini dapat dianggap sebagai titik permulaan menuju pengobatan diabetes melitus dengan insulin.

Di Indonesia minat terhadap endokrinologi cukup besar. Pada tahun 1978 telah didirikan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, disingkat Perkeni, yang da­lam dunia internasional dikenal dengan sebutan The Indonesian Society of Endocrinology. Perkeni ber­naung di bawah IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan PAPDI (Perkumpulan Ahli Penyakit Dalam Indo­nesia).

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • pengertian endokrinologi

adsense-fallback