Advertisement

Disingkat Ecosoc, Dewan Ekonomi Sosial, suatu badan Perse­rikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang mempunyai dua fungsi strategis, yaitu berusaha meningkatkan stan­dar hidup, kesempatan kerja penuh, dan mendorong kemajuan ekonomi dan sosial di negara-negara anggo­tanya. Badan ini berada di bawah koordinasi Majelis Umum.

Ecosoc terdiri atas 54 negara anggota, yang dipilih oleh sidang umum PBB untuk jangka waktu tiga ta­hun. Dewan ini bertugas: (1) membuat atau mempra­karsai studfTlaporan, dan rekomendasi yang berkaitan dengan masalah-masalah ekonomi, sosial, kebudaya­an, pendidikan, kesehatan, dan masalah lain yang ber­hubungan dengan itu untuk disampaikan kepada Ma­jelis Umum, para anggota PBB, maupun badan-badan khusus yang bersangkutan; (2) memberikan rekomen­dasi untuk meningkatkan penghormatan dan penghar­gaan terhadap hak-hak asasi manusia dan kebebasan dasar bagi semua orang; (3) mempersiapkan rencana- rencana konvensi yang berhubungan dengan masalah dalam lingkup tugas dan wewenangnya untuk diaju­kan kepada Majelis Umum; (4) mengadakan perte­muan internasional mengenai soal-soal termasuk ling­kungan tugas dan wewenangnya sesuai dengan keten­tuan yang ditetapkan oleh PBB; (5) ikut serta dalam persetujuan dengan tiap badan PBB di bidang eko­nomi, sosial, kebudayaan, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya; (6) menyatukan kegiatan badan-badan khusus dengan mengadakan konsultasi dan membe­rikan rekomendasi kepada badan-badan tersebut me­lalui Majelis Umum dan para anggota PBB; (7) meng­ambil langkah-langkah yang wajar untuk mendapat­kan laporan tetap dari badan-badan khusus; (8) me­nyampaikan keterangan kepada Dewan Keamanan dan membantunya apabila diminta oleh Dewan Ke­amanan; (9) melakukan tugas atas permintaan anggota PBB atau badan-badan khusus, dengan persetujuan Majelis Umum Ecosoc.

Advertisement

Untuk ketertiban pelaksanaan tugas dan wewenang­nya, Dewan Ekonomi dan Sosial ini memiliki peratur­an tata tertib yang, antara lain, memuat ketentuan bahwa setiap anggota mempunyai satu suara, dan keputusan diambil dengan suara terbanyak dari anggota yang hadir. Di samping itu, ditentukan pula bahwa Ecosoc dapat mengundang anggota PBB untuk ikut dalam persidangannya, tetapi anggota tersebut tidak mempunyai hak suara, membuat peraturan tentang ikut sertanya wakil badan-badan khusus ke dalam pembahasan masalah-masalah dalam sidang Ecosoc, dan lain-lain.

Untuk memperlancar pelaksanaan tugas-tugasnya, Ecosoc mempunyai komisi-komisi dan badan-badan khusus. Komisi-komisi yang dimiliki itu, antara lain, Komisi Narkotika, Komisi Ekonomi dan Ketenaga­kerjaan, Komisi Transportasi, Komunikasi, dan Per­hubungan, Komisi Hak-hak Asasi Manusia, Komisi Sosial, Komisi Status Wanita, Komisi Perpajakan, dan Komisi Kependudukan.

Advertisement