PENGERTIAN DAN SINOPTIS LEBAI MALANG

adsense-fallback

PENGERTIAN DAN SINOPTIS LEBAI MALANG – Cerita rakyat dalam khazanah sas­tra Melayu Lama. Lebai adalah orang yang dianggap ahli dalam agama Islam. Lebai diminta untuk berdoa dalam upacara selamatan keluarga.

adsense-fallback

Dalam cerita rakyat ini, tokoh lebai sering digam­barkan bodoh namun jenaka. Salah satu cerita berisi kritik terhadap kecenderungan “serakah” adalah Le­bai Malang Mendapat Undangan Selamatan. Cerita ini mengisahkan Lebai Malang yang ingin menghadiri tiga undangan selamatan dalam waktu sama. Karena bingung memilih undangan mana yang lebih mengun­tungkan dirinya, waktunya habis hanya untuk mon­dar-mandir di antara ketiga rumah yang mengundang tersebut. Alhasil Lebai Malang tidak sempat meng­hadiri satu undangan pun, dan dengan demikian ia ti­dak memperoleh makanan enak. Ada satu versi yang menambahkan bahwa Lebai Malang kehilangan pakaiannya dan berlari telanjang ke rumahnya.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback