PENGERTIAN DAN CARA MENGUKUR KUALITAS UDARA

adsense-fallback

PENGERTIAN DAN CARA MENGUKUR KUALITAS UDARA – Dilihat dari ilmu lingkungan, dicerminkan oleh kadar tiap komponen gas di udara, sehingga dapat dibedakan apakah udara itu baik atau buruk. Kualitas udara disebut baik atau tinggi apabila tingkat pencemarannya rendah. Kualitas udara dapat ditentukan berdasarkan kriteria estetika, medis, biolo­gis, maupun kerusakan material yang ditimbulkan. Standar mengenai kualitas udara ini tidak mutlak dan beraneka ragam sesuai dengan kebudayaan, iklim, dan kondisi daerahnya. Kualitas udara sering diragu­kan karena adanya kemungkinan efek sinergis, efek kelembapan, kecepatan angin, tahun pengukuran, maupun waktu pemaparan. Hal itu berarti bahwa nilai/ konsentrasi suatu polutan tunggal tidak merupakan petunjuk dari kualitas udara secara utuh dalam hu­bungannya dengan jenis polutan yang diukur.

adsense-fallback

Jika di udara ada gas atau bahan aerosol yang di­perkirakan bukan merupakan unsur pokok yang nor­mal atau unsur pokok yang berlebih jumlahnya, seper­ti sulfur dioksida, karbon monoksida, debu, dan lain-lain, maka udara tersebut dinamakan udara yang tercemar.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback