PENGERTIAN DAN CARA MENGUKUR KUALITAS LINGKUNGAN

adsense-fallback

PENGERTIAN DAN CARA MENGUKUR KUALITAS LINGKUNGAN – Suatu derajat kemam­puan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia di tempat dan waktu tertentu. Makin baik ke­butuhan dasar manusia dapat dipenuhi, makin baik kualitas hidup dan kualitas lingkungannya. Kebutuh­an dasar manusia sangat beraneka dan berubah-ubah menurut umur, waktu, dan kebudayaan. Suatu kuali­tas lingkungan yang tinggi harus dapat memberikan pilihan tentang kebutuhan dasar yang diinginkan. De­ngan demikian, keanekaan dalam lingkungan hidup berarti juga memelihara potensi evaluasi dalam ling­kungan manusia dan dengan demikian potensi kema­juan.

adsense-fallback

Kualitas lingkungan sangat erat berhubungan de­ngan daya dukung lingkungan. Apabila manusia me­ngelola daya dukung lingkungan pada batas di antara minimum dan optimum, maka kualitas lingkungan masih akan terpelihara dengan baik Sebab di bawah minimum sumber daya itu-tidak berfungsi dengan baik, sedangkan di atas optimum sumber daya dapat mengundang risiko, misalnya pencemaran, di sam­ping menghabiskan biaya. Lingkungan hidup yang asli alamiah, misalnya, belum tentu selalu mempunyai kualitas lingkungan yang tinggi. Tindakan yang bijak­sana dalam waktu, tempat, dan skala tertentu, bahkan sering diperlukan untuk menaikkan kualitas ling­kungan yang asli alamiah, menuju manfaat optimal bagi manusia di lingkungan tersebut. Karenanya pe­ngelolaan lingkungan selalu mengacu kepada tujuan Perbaikan kualitas lingkungan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • cara mengukur kualitas lingkungan hidup
  • cara menentukan kualitas lingkungan
  • bagaimana cara mengukur kualitas lingkungan hidup
  • bagaimana cara menentukan kualitas lingkungan

adsense-fallback