PENGERTIAN DAN CARA BELAJAR TARI LEGONG

adsense-fallback

PENGERTIAN DAN CARA BELAJAR TARI LEGONG – Suatu tarian daerah Bali yang dibawakan oleh dua atau tiga penari wanita. Diduga kata legong berasal dari akar kata Bali leg dan gong. Akar kata leg mengandung arti gerak luwes, sedang gong berarti alat pengiringnya.

adsense-fallback

Ada beberapa cerita Bali yang menyebutkan asal tari legong, di antaranya kisah yang menyebutkan bahwa ide penciptaan tari legong berasal dari mimpi I Dewa Agung Made Kama, raja Sukawati. Pada wak­tu bertapa di Pura Jogan Agung Ketewel, dekat desa Sukawati, ia bermimpi melihat dua bidadari yang se­dang menari lemah gemulai. Keduanya mengenakan ‘ busana indah dengan hiasan keemasan. Ia memerin­tahkan Bendesa Ketewel untuk menciptakan tari impiannya. Tari itu dinamakan tari sang hyang legong dengan penari yang menggunakan topeng. Dari tarian inilah muncul tari legong seperti yang dikenal seka­rang, namun tanpa topeng.

Tari legong mempunyai hubungan erat dengan ke­agamaan, baik segi sejarah maupun pertunjukannya, yaitu keagamaan dan kepercayaan yang berasosiasi keraton Hindu Jawa. Pada saat sekarang legong tidak lagi merupakan manifestasi leluhur, seperti halnya ta­ri sang hyang, melainkan tari legong tampil sebagai hiburan para leluhur termasuk para raja yang hadir da­lam upacara odalan yang diadakan setiap 210 hari.

Pada awalnya tari legong merupakan tarian istana. Tetapi sejak abad ke-19 tari legong mulai menyebar keluar istana melalui para wanita yang pernah meng­ajar di istana. Sampai sekarang tari legong klasik ma­sih :erdapat di desa Benoh dan Teges, sedangkan le­gong modern tumbuh seperti jamur di seluruh Pulau Bali

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback