PENGERTIAN DAERAH TUMPUAN-OPERASI MILITER

adsense-fallback

Adalah suatu kawasan darat, laut, dan udara tempat suatu operasi militer direncanakan atau sedang berpangkalan untuk mendukung operasi demi tercapainya tujuan. Ada beberapa jenis daerah tumpuan operasi.

adsense-fallback

Tumpuan-Pantal adalah suatu kawasan pantai yang direbut atau akan direbut dengan operasi militer pendaratan amfibi untuk menyerbu lebih jauh ke kawasan-kawasan daratan lawan yang menjadi sasaran operasi militer yang bersangkutan.

Pembentukan daerah tumpuan-pantai lazimnya menjadi salah satu tugas pokok angkatan laut (bilamana Korps Marinir menjadi bagian dari angkatan laut, seperti dalam TNI-AL); atau menjadi tugas pokok angkatan laut bersama Korps Marinir (bilamana Korps Marinir merupakan sebuah angkatan yang mandiri, seperti di Amerika Serikat). Di beberapa negara, misalnya Perancis, pembentukan daerah tum- puan-pantai merupakan salah satu tugas pasukan amfibi dari angkatan darat.

Korps Marinir TNI-AL telah berkali-kali melakukan operasi pendapatan amfibi pembentukan daerah tumpuan-pantai. Misalnya dalam Operasi Tegas dan Operasi 17 Agustus menumpas Pemberontakan PRRI, Operasi Merdeka menumpas Permes- ta yang semuanya terjadi dalam kurun tahun 1958; dan Operasi Seroja di Timor Timur, sekitar tahun 1978.

Tumpuan-Udara adalah suatu wilayah, darat dan udara di atasnya, yang direbut melalui operasi matra udara (dalam TNI/ABRI lazimnya dalam gabungan dengan unit-unit tempur matra darat), dan digunakan untuk jalur operasi matra udara yang bersangkutan.

Dalam sejarah operasi militer ABRI, pembentukan daerah tumpuan udara pernah dilakukan oleh satuan- satuan udara TNI-AU yang beroperasi bersama dengan pasukan-pasukan pendarat udara AU sendiri, yakni PGT, yang kemudian bernama Kopasgat, dan kini bernama Pasukan Khas TNI-AU. Dalam format operasi yang lebih besar, operasi dilakukan dalam gabungan dengan Pasukan Para/Lintas Udara TNI- AD. Kini tugas pasukan ptr.darat udara ditetapkan menjadi tugas pokok dari pasukan-pasukan tempur dalam Brigade Para/Lintas Udara TNI- AD – kluicusnya dari Komando Cadangan Strategis TNI-AD (Kostrad) – yang bilamana perlu dalam operasi matra darat tahapan selanjutnya dipandu oleh unit-unit khusus Komando Pasukan Khusus TNI-AD.

Operasi pembentukan daerah tumpuan-udara juga digelar oleh TNI di dalam Operasi Tegas, Operasi 17 Agustus, Operasi Merdeka, dan Operasi Seroja.

Tumpuan-Laut merupakan wilayah geografis air/- laut yang dibentuk dan dipertahankan oleh kekuatan- kekuatan angkatan laut, dan digunakan untuk tumpuan lebih lanjut bagi operasi militer matra laut yang bersangkutan.

Pembentukan daerah tumpuan-laut terutama merupakan tugas satuan-satuan operasional TNI-AL yang kini disusun terpadu dalam Sistem Senjata Armada Terpadu/SSAT di dalam wujud Komando Armada Kawasan Barat maupun Armada Kawasan Timur TNI-AL.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback