Advertisement

Cucurbitaceae, Hubungan antara Cucurbitaceae ( 10.5) dengan Rubiaceae dan Compositae banyak diperdebatkan, tetapi susunan Engler yang menempatkannya di antara Rubiaceae dan Compositae. Cucurbitaceae ada pada taraf kemajuan evolusi yang sama dengar. Rubiaceae, tetapi kedua suku ini memiliki jumlah benang sari dan dawn buah yang berbeda.

Pertelaan Suku

Advertisement

Terna yang merayap atau memanjat, memiliki sulur lateral. tunggal atau bercabang. Daun berseling, sering kali bercupini: menjari atau terbagi-dalam. Bunga aktinomorf, berkelami: tunggal, monoesis atau dioesis, biasanya kuning cerah ata-… putih. Kelopak 5 lembar, berfusi di pangkal membentu.,.: tabung berbentuk lonceng. Daun makota 5 lembar, biasanvi gamopetal atau kadang-kadang bebas. Bunga jantan: benanz sari 3 (atau 5), susunannya bervariasi, kepala sari sering kal terpilin; ginoesium yang rudimenter kadang-kadang masi? ada. Bunga betina; bakal buah terbenam, berdaun buah 3. mula-mula ber-ruang satu dengan plasenta parietal, tetapi dengan terjadinya pertumbuhan plasenta sampai bertemu tengah, maka terbentuklah 3 ruang, jadi tampaknya seperti plasenta di poros; buahnya biasanya berupa buah buni yang besar.

Cucurbitaceae lebih banyak dijumpai di negara-negara tropik daripada di negara-negara beriklim sedang. Di antara suku-suku yang bermanfaat bagi manusia, suku ini cukup menonjol, sebab sebagian besar anggotanya merupakan sumber sayuran atau buah-buahan, termasuk Cucurbita spp. (misalnya labu, gambas dan “vegetable marrow”), Cucumis spp. (misalnya ketimun dan melon), Citrullus lunatus (watermelon) dan beberapa jenis lainnya. Luffa cylindrica (oyong) merupakan sumber ‘lufah’ atau penggosok untuk mandi yang sudah banyak dikenal, yang diambil dari bagian rangka pembuluh perikarpnya.

 

 

Advertisement