Advertisement

CHRISTIAN SCIENCE suatu aliran Kekristenan Amerika yang banyak berkecimpung di bidang penyembuhan. Christian Science (CS) dikembangkan oleh Ny. Mary Baker Eddy (1821-1910) dan berpusat di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, dengan nama “The First Church of Christ, Scientist”. Di Indonesia persekutuan CS terdaftar pada Departemen Agama RI dengan nama “Gereja Kesatu Kristus, Ahli Ilmu Pengetahuan”, dan berpusat di Jl. Cik Ditiro No. 48, Jakarta.

Sentrum hidup keagamaan CS ialah pengertian Allah adalah segalanya dari semuanya dan manusia tak terlepas dari Allah ini. Allah adalah Roh, kehidupan, kebaikan. Allah inilah realitas sebenarnya. Maka dapat disimpulkan bahwa materi, kematian, penyakit, dosa, kejahatan, semua yang bukan-Allah, tidak mempunyai realitas. Umumnya, manusia mempunyai pengetahuan yang salah tentang realitas ini, sehingga kehidupannya dikuasai oleh yang bukan-Allah dan yang tidak mempunyai realitas. Manusia harus dibebaskan dari pengetahuan yang salah itu dan harus mendapatkan pengetahuan yang benar melalui penyadaran intensif tentang kehadiran realitas ilahi dan pengertian dari pencerminan Allah yang rohani. Manusia yang sadar dan melepaskan ilusi kematian, penyakit, dosa, dan kejahatan, akan menjadi sehat, murni, abadi. Dalam hal ini, Yesus diakui sebagai guru (bukan juru selamat) pengetahuan yang benar pertama.

Advertisement

Tulisan Ny. Mary Baker Eddy yang terkenal antara lain Science and Health, Unity of God and Unreality of Evil, dan Restrospection and Introspection . Setelah kematian Ny. Eddy, organisasi CS berada di bawah pimpinan suatu dewan pengurus yang anggotanya mempunyai kedudukan seumur hidup, dan dewan pengurus ini juga yang menunjuk anggota pengganti. CS mengenal pertemuan hari Minggu tempat dibacakannya Alkitab dan tulisan Ny. Eddy, dan dinyanyikan bersama lagu-lagu ibadah. Di samping itu, ada juga pertemuan hari Rabu dengan kesaksian penyembuhan anggotanya. Terbitan CS yang sangat terkenal adalah Christian Science Monitor. Di antara kegiatan CS terdapat kegiatan khas yang dilakukan oleh para pelaksana, yaitu praktik penyembuhan. Menurut sejarahnya, CS memang tidak lepas dari aliran keagamaan di bawah pimpinan ahli penyembuh Phineas P. Quimby (1802-1866). Ny. Eddy sendiri disembuhkan oleh Quimby dari berbagai penyakit yang dideritanya sejak muda, namun seperti yang dikatakan oleh Ny. Eddy, CS adalah hasil penemuannya sendiri, suatu ajaran yang baru sama sekali.

Advertisement