Advertisement

CHILIASME ialah aliran yang percaya akan babakan baru sejarah setiap 1000 tahun (satu milenium), di bawah pimpinan seorang tokoh penyelamat. Chiliasme dikenal juga dalam beberapa agama atau muncul karena pengaruh agama.

Chiliasme terutama muncul di kalangan masyarakat yang menderita kesulitan ekonomi atau tekanan sosial ekonomi. Penderitaan membuat mereka mendambakan datangnya tokoh kuat yang melepaskan mereka dari kesulitan. Karena mereka umumnya menghendaki masa transisi yang cepat disertai pergolakan, penganut chiliasme sering menjadi musuh pemerintah atau Gereja.

Advertisement

Di kalangan penganut Kristen pada abad pertama, banyak yang mengharapkan kedatangan Kristus kali kedua untuk membebaskan mereka dari cengkeraman Roma. Pihak Gereja akhirnya merasa perlu untuk menjelaskan bahwa apa yang tertulis dalam Kitab Suci hanyalah lukisan yang bersifat alegoris. Jadi, harus lebih dilihat sebagai suatu keadaan spiritual. Di Indonesia konsep yang mirip dengan chiliasme muncul dalam kepercayaan tentang akan datangnya Ratu Adil, Herucakra, atau Imam Mahdi yang akan membawa kemakmuran bagi rakyatnya.

 

 

CHIP, atau microchip, sebagaimana dikenal para awam, adalah mikroprosesor yang terdiri atas ribuan transistor pada serpih silikon sekecil 6,4 X 6,4 milimeter.

Advertisement