Advertisement

Caulerpa , Ganggang ini merupakan ganggang sifon yang sangat besar dan lebih kompleks daripada Protosiphon. Caulerpa tumbuh di lautan tropik dan merupakan kombinasi antara bentuk luar yang sangat berdiferensiasi dan struktur dalam yang sangat sederhana. Tubuhnya terdiri atas bagian ‘batang’ yang melata dan bercabang dan dari sana muncul percabangan yang tegak mirip daun atau cabang-cabang seperti tabung dengan bentuk yang beraneka, dan kesemuanya itu disangga oleh sebuah struktur mirip akar yang menempel atau menembus substratnya (2.12b). Bagiannya yang tegak pada beberapa jenis dapat mencapai tinggi 10-30 cm. Bentuk talus dapat dipertahankan oleh airgornya dan ditunjang pula oleh sistem pertumbuhan dari ialam yang melintang rongga senosit (2.12c). Walaupun Caulerpa memiliki struktur yang tampaknya kompleks, ganggang ini tak mampu tumbuh sebesar ukuran normalnya jika tidak terapung-apung dalam medium berair.

Selain kesamaannya yang secara superfisial, kemiripan Caulerpa dengan tumbuhan tinggi juga diperkan pada taraf mikroskopik. Walaupun pada bagian dalamnya tidak ada pembatas berbentuk dinding silang, tetapi inti-intinya ter-kumpul juga pada titik-titik tumbuhnya, dan pada bagian yang lebih tua lebih tersebar luas di belakang titik-titik rumbuh ini. Susunan inti yang sama persis akan dijumpai jika titik tumbuh pada tahap sel terorganisasi seperti meristem ujung pada tumbuhan tinggi. Karena itu struktur senosit Caulerpa memperkan kesejajaran dalam organisasi vegetatifnya dengan sel tubuh tumbuhan tinggi.

Advertisement

Perkembangbiakannya sebagian besar vegetatif, yaitu de-ngan cara fragmentasi talus. Perkembangbiakan seksualnya dengan cara anisogamet berflagel dua yang terbentuk pada bagian ‘berdaun’ dari tumbuhan ini.

 

Advertisement