PENGERTIAN CACING DAUN

25 views

Suatu jenis cacing pipih yang biasanya berbentuk seperti daun, namun dapat juga seperti telur atau bulat memanjang seperti cacing gilig. Cacing ini dapat hidup sebagai parasit pada manusia dan berbagai hewan. Ciri khasnya dua buah batil isap berotot yang berbentuk cangkir; yang satu, di ujung depan badan, disebut batil isap kepala, dan yang lain-nya, di bagian perut, tidak jauh dari ujung depan, disebut batil isap perut.

Cacing daun yang berparasit pada manusia bersifat hermafrodit, kecuali cacing daun darah yang mempunyai alat kelamin terpisah. Telur cacing daun pada umumnya berbentuk lonjong dan mempunyai tutup (operculum). Menurut tempat hidupnya pada inang definitif, cacing daun dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain, (1) Cacing daun hati, yang meliputi Clonorchis sinensis, Opisthorchis felineus, O. viver-rini, dan Fasciola hepatica (2) Cacing daun usus, yang terdiri atas Fasciolopsis busk i, Echinostostomatidae dan Heterophyidae (3) Cacing daun paru, yang terdiri atas Paragonimus westermani; dan (4) Cacing daun darah, yang meliputi Schistosoma japonicum, S. mansoni dan S. haematobium.

Cacing dewasa hidup dalam tubuh inang definitif. Telur dikeluarkan dalam tinja atau sputum. Di dalam air telur menetas, dan keluarlah larva yang disebut mirasidium. Mirasidium akan menembus masuk tubuh inang perantara, yaitu keong air. Di dalam tubuh keong, mirasidium akan berubah menjadi bentuk larva lain, yaitu berturut-turut sporokista, redia-I, redia-II atau serkaria. Serkaria kemudian meninggalkan keong air dan berenang aktif di dalam air untuk mencari inang perantara II, yaitu ikan, keong, ketam, udang batu, tumbuhan air. Serkaria akan menembus masuk atau melekat pada inang perantara II dan berubah menjadi metaserkaria. Pada cacing daun darah tidak ada inang perantara II. Infeksi pada manusia terjadi bila manusia memakan inang perantara II yang mengandung metaserkaria tanpa memasaknya baik- baik. Cacing daun darah menginfeksi manusia bila serkarianya menembus kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *