Advertisement

BUNGA, Bunga adalah sebuah sistem pucuk (yang tersusun atas sebuah poros dengan daun-daun lateralnya) yang khusus untuk perkembangbiakan seksual. Sistem bunga ini berbeda dengan sistem pucuk vegetatif dalam hal: (1) bunga tidak mempunyai kuncup pada ketiak daunnya, (2) buku-bukunya tetap pendek sehingga jarak vertikal antara daun yang berurutan sangat pendek, dan (3) bunga menunjukkan pertumbuhan yang terbatas, yaitu segera setelah meristem ujung membentuk bunga pertumbuhan lebih lanjut terhenti. Meskipun bunga itu secara morfologi adalah sebuah pucuk, bunga memiliki peristilahan yang khusus.

Peristilahan batang. Jika suatu tumbuhan memiliki bunga tunggal atau sekelompok bunga di ujung seperti pada kebanyakan ‘lili’, batang itu disebut gagang perbungaan (peduncle). Jika, lebih lazim lagi, tumbuhan memiliki beberapa kuntum sampai banyak kuntum bunga sepanjang tangkai bunga (flower stalk), batang setiap bunga disebut gagang bunga (pedicel), dan gagang perbungaan, jika digunakan, dipakai untuk menunjukkan poros bunga tempat gagang bunga menempel. Bagian terujung gagang perbungaan atau gagang bunga tempat daun-daun bunga menempel disebut penyangga (receptacle).

Advertisement

Peristilahan daun. Jika sebatang gagang bunga atau, dalam bunga tanpa tangkai adalah bunga itu sendiri, muncul pads ketiak daun, daun tersebut dinamakan daun pelindung.

 

Advertisement