Advertisement

Bignoniaceae, Bunga Bignoniaceae tersusun atas pola dasar tetrasiklik seperti dua suku sebelumnya, tetapi berbeda dalam 2 hal: (1) makotanya lebih maju yang mengarah ke zigomorfi; dan (2) benang sari posteriornya tereduksi menjadi benang sari semu, atau hilang sama sekali, sehingga pusaran benang sarinya tereduksi menjadi hanya 4 lembar yan fungsional. Karena itu, rumus bunganya menjadi K(5)C(5)A4G(2). Pohon, perdu atau liana berkayu, jarang terna. Daun biasanya berhadapan, sering kali menjari, pada liana sering terdapat anak daun kembar dan berujung sulur, tanpa daun penumpu. Bunga besar, kurang-lebih zigomorf, berkelamin dua. Daun kelopak 5, gamosepal. Makota gamopetal, biasanya berbentuk lonceng atau corong, bercuping 5, kurang-lebih zigomorf dan berbibir 2. Benang sari 4, dua tukal (yaitu dalam 2 pasang yang tidak sama panjangnya). Bakal buah menumpang, berada di atas cakram yang mengeluarkan nektar, berdaun buah dua, biasanya ber-ruang dua; bakal biji banyak, menempel pada 2 plasenta yang berada pada dinding sekat bakal buah. Buah kapsul panjang, sempit dan berkatup 2; biji biasanya pipih, bersayap besar dan tipis seperti selaput.

Bignoniaceae biasanya dapat dikenal dari perawakannya yang berkayu, daunnya yang berhadapan menjari, bunganya zigomorf berbibir dua, dan kapsulnya yang panjang sempit yang berisi biji-biji bersayap.

Advertisement

Anggota-anggota Bignoniaceae umum dijumpai di seluruh daerah tropik, walaupun kebanyakan berasal dari Amerika tropik, dan hanya sebagian kecil dari Afrika dan Asia. Suku ini tersebar luas sebab banyak jenis-jenis yang berbunga besar dan berwarna cerah dibudidayakan. Contoh-contoh yang umum adalah:

(a)          Perdu atau potion — Jacaranda mimosifolia (jakaranda), Spathodea campanulata (angsret, potion tulip Afrika), Tecoma stans (bignonia kuning).

(b)          Liana — Pandorea jasminoides (pandorea), Podranea brycei (penjalar Zimbabwe) dan berbagai jenis Bignonia, termasuk B. magnifica (bignonia ungu), B. venusta (hujan mas) dan B. unguis-cati (cakar kucing).

 

Advertisement