Advertisement

Pada manusia biasanya dikelompokkan dalam tiga jenis, yaitu endomotfi, mesomorfi, dan ektomorfi. Klasifikasi bentuk tubuh ini dikembangkan oleh William Herbert Sheldon, seorang psikolog Amerika, berdasarkan somatotype. Ia menduga bahwa bentuk tubuh mempunyai hubungan dengan tingkah laku dan temperamen, walaupun hal ini masih banyak diperdebatkan oleh para ahli. Pada kenyataannya sering kali ditemukan bentuk tubuh yang merupakan suatu kombinasi lebih dari satu bentuk tubuh.

Bentuk tubuh endomorfi ditandai oleh bentuk kepala yang bulat, perut besar dan gemuk, lengan dan tungkai berat, tetapi ototnya lembek, dengan pergelangan tangan dan kaki tidak seimbang. Orang yang mempunyai kecenderungan bentuk tubuh seperti ini dihubungkan dengan sifat menyukai kesenangan fisik, sangat membutuhkan pengakuan dan cinta, serta cenderung mencari pertolongan orang lain bila mengalami kesulitan.

Advertisement

Bentuk mesomorfi ditandai oleh bentuk tubuh yang atletis, bentuk kepala persegi dan besar, bahu dan dada bidang, serta lengan dan tungkai yang padat berotot. Orang yang mempunyai bentuk tubuh seperti ini biasanya menyukai kegiatan olahraga.

Ektomorfi ditandai oleh bentuk tubuh yang tipis dan kurus, dada dan bahu sempit, serta otot lengan dan tungkai yang tipis. Bentuk tubuh ini dikaitkan dengan sifat pendiam, sulit bergaul, dan bila menghadapi kesulitan cenderung dihadapi sendiri.

Advertisement