Advertisement

Apa itu Identitas Nasional ?, “Nasional” berasal dari bahasa Inggris “national” yang dapat diartikan sebagai “warga negara” atau “kebangsaan”. Kita sering mendengar istilah “national debt” (hutang nasional), “national emergency” (keadaan darurat nasional), “national monument” (monumen nasional atau tugu nasional), dan “national anthem” (lagu kebangsaan). Ini semua dalam rangka menjelaskan tentang negara itu sendiri dan warga negara dalam suatu negara.

Identitas nasional berasal dari kata “national identity”, yang dapat diartikan sebagai “kepribadian nasional” atau “jatidiri nasional”. Kepribadian nasional atau jatidiri nasional adalah jatidiri ang dimiliki oleh suatu bangsa. Kepribadian atau jatidiri bangsa Indonesia akan berbeda dengan kepribadian atau jatidiri bangsa Australia, bangsa Amerika dan lain-lain. Kepribadian atau jatidiri nasional itu kita adopsi dari nilai-nilai budaya dan nilai-nilai agama yang kita yakini kebenarannya. Jika ada orang mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beradab, bangsa yang herbudaya, bangsa yang beretika, maka itulah yang kita katakan kepribadian atau jatidiri nasional bangsa Indonesia. Jika dalam kehidupan sehari-hari kita tidak mengindahkan nilai-nilai moral dan nilai etika, maka kita tidak dapat dikatakan sebagai seorang yang memiliki kepribadian atau jatidiri nasional. Sopan-santun, ramah-tamah adalah salah satu dari sekian banyak dari jatidiri nasional kita.. .Iatidiri nasional semacam ini harus kita pupuk dan kita lestarikan, sehingga kita tetap digolongkan oleh bangsa lain sebagai sukubangsa yang beradab.

Advertisement

Identitas nasional itu terbentuk karena kita merasa bahwa kita sebagai bangsa Indonesia mempunyai pengalaman bersama, sejarah yang sama, dan penderitaan yang sama. Pada masa sebelum kemerdekaan bangsa Indonesia mempunyai pengalaman yang sama clan juga mempunyai sejarah yang sama dalam mengusir penjajah dari Indonesia. Betapa besar penderitaan yang dialami bangsa Indonesia pada masa itu, baik secara fisik maupun non fisik. Pengalaman yang begitu pahit inilah yang membuat bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai kelompok yang berbeda, suku bangsa yang berbeda, budaya yang berbeda dan agama yang berbeda mewujudkan suatu keinginan bersama dalam mengusir penjajah. Pengalaman-pengalaman seperti inilah yang dapat membentuk suatu identitas

Identitas nasional ini juga terbentuk melalui saling adanya I.crjasama antara identitas kelompok yang satu dengan identitas I,•lompok yang lain. Meskipun kelompok yang satu dengan kelompok yang lain mempunyai banyak perbedaan, namun keinginan ktiat di antara mereka untuk saling merekatkan kelompoknya dengan kelompok yang lain dapat juga membentuk identitas nasional.

Advertisement