Advertisement

INSURANCE / ASURANSI adalah suatu metode untuk melindungi seseorang atau perusahaan dari kerugian keuangan yang disebabkan oleh kerusakan, atau pencurian aset seseorang atau perusahaan (asuransi umum), dan kematian atau kecelakaan (asuransi jiwa dan kecelakaan). Asuransi dapat diperoleh langsung dari PERUSAHAAN ASURANSI (INSURANCE COMPANY) atau melalui perantara seperti BROKER/AGEN PERUSAHAAN ASURANSI (INSURANCE BROKER/AGENT). Sebagai pengganti dari suatu premium asuransi, seseorang atau perusahaan memperoleh penutupan (pembayaran) asuransi atas risiko keuangan.
Istilah ‘assurance dipakai secara bergantian dengan ‘insurance’ untuk menjelaskan bentuk tertentu dari asuransi jiwa. Lihat RISK AND UNCERTAINTY.

INSURENCE BROKER/AGENT ATAU BROKER/AGEN ASURANSI adalah seorang seseorang atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara yang mempertemukan klien yang mencari ASURANSI (INSURANCE) dengan PERUSAHAAN ASURANSI (INSURANCE COMPANIES) . Dalam beberapa kasus agen adalah pengawai dari perusahaan asuransi tertentu untuk menjual polis asuransi atas perusahaan dan menangani tuntutan, serta mendapat komisi atas penjualan. Alternatif lain, agen atau broker dapat bertindak sebagai perantara yang bebas dan bernegosiasi dengan sejumlah perusahaan asuransi atas nama klien atau langganan. Agen atau broker asuransi diatur oleh FIMBRA (FINANCIAL INTER-MEDIARIES, MANAGERS AND BROKERS REGULATORY ASSOIATION) yang berkaitan dengan berbagai standar praktek yang benar, yang diatur dalam Financial Cervices Act, 1986.

Advertisement

Advertisement