Advertisement

Adam diyakini umat Islam sebagai salah satu dari para rasul Allah. Umat Yahudi, Kristen, dan sebagian umat Islam meman­dangnya sebagai manusia pertama yang dikalangan umat Islam. Kebenaran silsilah yang ada itu sulit untuk dipertanggung­jawabkan.

Tidak adanya al-Quran menerangkan bahwa Adam manusia pertama; pencipta­annya adalah dengan membentuk debu ta­nah dan meniupkan napas hidup ke hi­dungnya; penciptaan Hawa dari tulang ru­suk Adam; dan tidak adanya ia memberi­kan silsilah, menyebabkan ia sulit untuk dihantam dan dilecehkan oleh dunia miah. Dunia ilmiah tidak mungkin perca­ya pada cara penciptaan Adam dan Hawa seperti yang tersebut di atas, dan tidak pu­la mungkin mempercayai bahwa manusia pertama hidup 10.000 tahun yang lalu. Dunia ilmiah sudah menjumpai fosil-fosil manusia dari masa setengah, satu, bahkan satu setengah juta tahun yang lewat.

Advertisement

Jauh sebelum berkembangnya ilmu pe­ngetahuan modern ini, sebenarnya sudah ada ulama, seperti Muhammad bin Ali al­Baqir dan Ibnu Arabi, yang berpaham bahwa telah ribuan atau. jutaan Adam­Adam hidup di bumi ini, sebelum muncul­nya Adam yang dikisahkan oleh al-Quran.

Advertisement