Advertisement

Pengambilan Ion Secara Pasif, Jika suatu jaringan tumbuhan yang telah direndam dalar larutan garam yang relatif pekat dipindahkan ke dalam larutan garam encer, sebagian ion yang telah diserapnya akan cepa: keluar berdifusi ke dalam larutan luar. Jika jaringan

kemudian dipindahkan lagi ke dalam larutan garam peka-_ ion-ion akan cepat berdifusi kembali ke dalam jaringan. Hal :7_ membuktikan bahwa difusi ion dapat terjadi dengan bebas antara larutan luar dan bagian tertentu dari jaringan yanz. disebut ‘ruang bebas’. Walaupun ada beberapa pernyataan ruang bebas ini meliputi setidak-tidaknya sebagian s:oplasma, kini pada umumnya diakui bahwa ruang bebas R:atu jaringan hanya tersusun atas suatu volume yang tidak uni oleh protoplasma, yaitu dinding sel, ruang antarsel, dan ei mati yang mungkin terdapat di sana. Karena ruang antarsel biasanya hampir seluruhnya terisi udara, maka ruang ini dianggap menjadi bagian yang penting dari ruang bebas.

Advertisement

Dengan mencegah terjadinya pengambilan ion aktif rnisalnya dengan menggunakan penghambat metabolisme atau dengan suhu rendah) ada kemungkinan untuk mempela.ari pengambilan ion pasif ke dalam ruang bebas suatu jaringan tumbuhan sebagai suatu proses terisolasi. Jika dalam keadaan demikian suatu jaringan direndam dalam larutan garam yang konsentrasinya diketahui dan dibiarkan sampai terjadi keseimbangan, kadang-kadang dijumpai bahwa jumlah garam yang diserap oleh jaringan lebih besar daripada yang diharapkan berdasarkan perkiraan volume ruang bebas. Ini berarti bahwa akumulasi ion yang melawan gradasi konsentrasi telah terjadi selama pengambilan pasif. Bagaimana hal ini dapat dijelaskan tanpa melibatkan energi metabolisme? Salah satu cara terjadinya akumulasi ini ialah melalui pertukaran ion. Dengan mekanisme ini ion-ion yang telah diserap, baik pada atau di dalam dinding sel, maupun pada permukaan luar plasmalema dapat bertukar dengan ion-ion yang bermuatan sama pada larutan di sekelilingnya. Misalnya, ion hidrogen yang diserap oleh dinding sel dapat diganti oleh kation, katakanlah sebuah ion kalium . Ion hidrogen akan keluar menuju ke dalam larutan luar dan ion kalium lalu dapat terserap oleh dinding sel yang akan mengubahnya menjadi tidak aktif berosmosis. Dengan cara serupa anion dapat bertukar dengan ion hidroksil yang terserap. Mekanisme pertukaran ion tidak dapat menggugurkan asumsi bahwa keseimbangan konsentrasi ion-ion yang aktif berosmosis akan sama, baik dalam ruang bebas di dalam jaringan maupun dalam larutan di sekelilingnya. Apa yang secara tak langsung terjadi adalah bahwa akumulasi ion-ion dapat terjadi melawan gradasi konsentrasi yang tampak.

Advertisement