PENDAPATAN TRANSFER DAN PEMBAYARAN TRANSFER

24 views

TRANSFER EARNINGS / PENDAPATAN TRANSFER adalah pengembalian yang harus diperoleh dari sebuah FAKTOR PRODUKSI (FACTOR OF PRODUCTION) untuk mencegah pengalihannya pada pemakaian alternatif terbaik berikutnya. Pendapatan yang diterima dari sebuah faktor produksi di atas pendapatan transfernya disebut SEWA EKONOMI (ECONOMIC RENT) .

TRANSFER PAYMENTS / PEMBAYARAN TRANSFER adalah setiap pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah untuk mana tidak memperoleh BARANG-BARANG (GOODS) atau JASA-JASA (SERVICES) sebagai gantinya. Pembayaran tersebut merupakan “transfer” pendapatan dari satu kelompok individu (pembayar pajak) kepada kelompok individu yang lain dalam bentuk tunjangan kesejahteraan, seperti TUNJANGAN PENGANGGURAN ( UNEMPLOYMENT BENEFIT) , TUNJANGAN JAMINAN SOSIAL ( SOCIAL-SECURITY BENEFIT) , PENSIUN (PENSION) , dan lain sebagainya.
Karena pembayaran transfer tidak memperoleh pengembalian berupa barang dan jasa, maka pembayaran tersebut tidak merupakan bagian dari total output, dan tidak termasuk dalam PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME ACCOUNTS) yang merupakan ukuran nilai uang dari output nasional.
Lihat juga GOVERNMENT EXPENDITURE, WELFARE STATE, BURDEN OF DEPENDENCY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *