Advertisement

Penamaan dan Klasifikasi Enzim, Dalam usaha bersama untuk memperoleh dasar sistematik dalam penamaan berbagai enzim yang telah ditemukan, Komisi Enzim Persatuan Biokimia Internasional (International Union of Biochemistry) pada tahun 1961 mengusulkan agar nama-nama yang walaupun telah mapan tetapi secara kimia tidak informatif seperti papain, yaitu enzim protease yang diperoleh dari getah pepaya (Carica papaya), hendaknya dihapus, kecuali jika nama-nama itu dapat disamakan dengan beberapa enzim spesifik. Diusulkan pula agar semua enzim diberi nama dan diklasifikasi berdasarkan reaksi yang dikatalisisnya. Menurut sistem ini, enzim dapat diberi dua nama, nama trivial, yang biasanya pendek dan mudah digunakan sehari-hari, dan nama sistematik yang mengidentifikasi reaksi yang dikatalisisnya. Misalnya, enzim yang memecahkan fruktosa,1,6-difosfat menjadi dua molekul triosa fosfat, selama pemecahan anaerob karbohidrat dalam sel hidup, biasanya disebut aldolase. Nama ini diusulkan sebagai nama trivial, tetapi nama sistematiknya ialah ketosa-1-fosfat aldehida liase, yang hanya digunakan jika diperlukan definisi yang tidak rancu, seperti pada jurnal penelitian internasional. Untuk mengklasifikasi ratusan enzim yang diketahui sampai kini digunakan enam kelas sebagai berikut :

  1. Oksidoreduktase. Enzim-enzim ini mengkatalisis reaksi oksidasi-reduksi. Kebanyakan enzim ini memerlukan gugus prostetik atau koenzim yang berpartisipasi pada reaksi katalisis dengan bertindak sebagai pembawa elektron perantara. Dalam kelompok ini termasuk koenzim NAD+, NADI)+, FAD, dan berbagai ion logam seperti besi, tembaga, dan molibden. Beberapa oksidoreduktase yaitu oksidase, menggunakan oksigen molekuler sebagai akseptor elektron, sedangkan yang lain seperti dehidrogenase memindahkan atom hidrogen dari substratnya dan mengalihkannya lagi ke beberapa akseptor lain kecuali oksigen.
  2. Transferase. Enzim ini mengkatalisis pemindahan gugus kimia tertentu dari satu zat ke zat lain. Transaminase yang memindahkan gugus amino merupakan contoh yang khas. Suatu subkelas yang penting dari kelompok ini adalah berbagai kinase yang mengkatalisis fosforilasi substratnya dengan cara pemindahan gugus fosfat, biasanya dari ATP, karena itu mengaktifkan senyawa yang secara metabolisme tidak giat untuk ditransformasi lebih lanjut.
  3. Hidrolase. Hidrolase mengkatalisis reaksi-reaksi yang melibatkan sigaran (cleavage) suatu molekul dengan jalan menambahkan air.

AB + H2O AH + BOH

Advertisement

Banyak hidrolase yang digolongkan ke dalam subkelas sebagai berikut.

(a)          Karbohidrase yang menghidrolisis polisakarida menjadi oligosakarida dan dari oligosakarida menjadi monosakarida, misalnya:

invertase

sukrosa + H2O —> glukosa + fruktosa

(b)          Esterase yang mendorong hidrolisis ester, misalnya:

lipase

trigliserida + H2O              asam lemak + gliserol

(c)           Protease yang mengkatalisis penguraian hidrolisis protein menjadi satuan lebih kecil, yang akhirnya menjadi asam amino, misalnya:

peptidase dipeptida + H2O  p     > asam amino

  1. Liase. Enzim ini mengkatalisis pemindahan gugus-gugus

dari substratnya dengan meninggalkan ikatan rangkap, atau penambahan gugus pada ikatan rangkap. Contohnya ialah dekarboksilase yang memindahkan CO2 dari gugus karboksil, dan dehidrase yang memindahkan sebuah molekul air.

  1. Isomerase. Ini adalah enzim-enzim yang mengkatalisis interkonversi isomer-isomer.

 

CH2OH

triosa fosfat

C = 0

isomerase

CH20

(dihidroksiaseton fosfat)

 

CHO HCOH

CH20 CD

(gliseraldehida 3-fosfat)

 

  1. Ligase (atau sintetase). Enzim-enzim ini mengkatalisis penggabungan dua molekul (biasanya melalui kondensasi) berpasangan dengan hidrolisis eksergonik ATP. Enzim-enzim ini memungkinkan energi kimia dalam ATP digunakan untuk melecut reaksi endergonik.

 

CH2COOH                            CH2CONH2

CH2        glutamin

sintetase             CH2

+ NH3 + ATP                                       + H20 + ADP + Pi

 

CHNH2                  CHNH2

COOH                    COOH

(asam glutamat)                               (glutamin)

 

 

Advertisement