Advertisement

Pemencaran oleh Angin, Mekanisme pemencaran oleh angin yang umum ada lima acam: Biji debu. Beberapa suku tumbuhan, terutama Orchida-ceae menghasilkan biji yang dipencarkan oleh angin, semata-mata karena ukurannya yang sangat kecil dan bobotnya yang ringan sekali. Sebagai an tentang ukuran biji anggrek ini dapat dikemukakan bahwa satu batang anggrek dapat menghasilkan sebanyak beberapa ribu juta butir biji.

Buah dan biji bersayap ( 7.11). Banyak buah dan biji memiliki nisbah besar antara permukaan dan massa sebagai akibat berkembangnya satu sayap atau lebih. Satuan pemencar (= disseminule, istilah yang digunakan untuk sesuatu struktur yang berfungsi sebagai satuan pemencaran) akan meluncur atau memutar sewaktu jatuh, dan semakin lama waktu yang diperlukan untuk mencapai tanah semakin jauh jarak yang ditempuh satuan pemencar ini.

Advertisement

Pada buah yang bersayap, sayap itu pada umumnya berupa perpanjangan dinding bakal buah (misalnya Cornbreturrz, Piscidia, Securidaca, dan Terminalia), tetapi sayap itu juga mungkin berasal dari kelopak yang membesar dan tipis pada buah (misalnya Dipterocarpus, Petrea, dan Triplaris). Biji bersayap yang testanya merupakan satusatunya struktur yang dapat menjadi sayap kurang umum dijumpai daripada buah bersayap. Contoh yang umum dapat dijumpai pada Bignoniaceae (misalnya Spathodea dan Tecoma), walaupun contoh yang luar biasa dijumpai pada Macrozanonia, yang lebar keseluruhan bentangan sayapnya mencapai 15 cm.

Advertisement