Advertisement

Pemencaran oleh Air, Tumbuhan yang hidup di air, di dekat air, atau di pinggir laut memiliki buah atau biji yang dapat mengambang di air, dan dapat dipencarkan oleh ombak atau tertiup oleh gerakan angin permukaan, bila tidak ada ombak. Pemencaran oleh angin merupakan mekanisme pemencaran yang penting bagi tumbuhan yang hidup di sepanjang pesisir daerah tropik. Biji kelapa yang terapung-apung merupakan contoh yang nyata dari buah yang beradaptasi terhadap cara pemencaran jarak jauh dengan jalan terapung di laut. Penyebaran kelapa yang luas di pulau-pulau di daerah tropik sebagian disebabkan oleh mekanisme pemencaran alami ini, walaupun ditemukan secara sengaja oleh manusia tentunya telah dimulai sejak lama sekali.

Mangrove merupakan kelompok ekologi dari beberapa jenis pohon yang secara sistematik tak ada hubungannya, tetapi membentuk hutan di kuala-kuala pasang surut berlumpur di berbagai daerah tropik. Biji-biji beberapa jenis bakau berkecambah di dalam buah sewaktu masih menempel pada pohon induknya ( 7.12). Akar muncul dan tumbuh vertikal ke bawah serta bagian bawahnya membengkak sekali. Ketika akhirnya buah jatuh dari pohonnya, buah itu dapat jatuh langsung menancap ke lumpur atau jika pasang naik buah dapat terapung dan terbawa jauh sebelum terdampar pada sesuatu penghalang dan tumbuhlah di situ.

Advertisement

Air hujan yang mengalir di permukaan tanah mungkin juga lebih penting sebagai pemencar daripada yang umum diketa-hui, sebab air ini dapat pula membawa biji-bijian yang jatuh di bawah pohon induknya. Walaupun sulit ditunjukkan bagaimana ekstensifnya pengangkutan melalui cara ini, aliran air hujan ini mungkin penting pada kolonisasi tanah-tanah gundul.

 

 

Advertisement