PASAR SURAT – SURAT BERHARGA YANG TIDAK TERDAFTAR

31 views

UNLISTED-SECURITIES MARKET / PASAR SURAT – SURAT BERHARGA YANG TIDAK TERDAFTAR adalah suatu PASAR (MARKET) yang berkaitan dengan EFEK (STOCK) dan SAHAM (SHARES) perusahaan yang belum mendapatkan suatu penetapan penuh dari BURSA EFEK (STOCK-EXCHANGE) yang penuhi. Pasar surat-surat berharga yang tidak terdaftar memungkinkan perusahaan yang lebih kecil untuk meningkatkan modal baru tanpa formalitas dan tanpa biaya untuk mendapatkan suatu status terdaftar penuh pada bursa utama. Suatu pasar surat-surat berharga yang tidak terdaftar didirikan pada tahun 1980 di Kerajaan Inggris.

UPWARD-SLOPING DEMAND CURVE / KURVE PERMINTAAN YANG BERGERAK DARI KIRI BAWAH KE KANAN ATAS adalah suatu KURVA PERMINTAAN (DEMAND CURW) yang lebih memperlihatkan suatu hubungan yang langsung daripada hubungan yang berlawanan antara harga dari suatu produk dan kuantitas yang diminta per periode waktu, dalam sebagian atau seluruh periode waktu yang bersangkutan.
Kurve permintaan umumnya didasarkan pada asumsi bahwa konsumen rasionil dalam membeli produk, serta mempunyai pengetahuan yang lengkap tentang harga dan sifat-sifat produk. Apabila salah satu dari asumsi ini diubah maka FUNGSI PERMINTAAN (DEMAND FUNCTION) dapat menghasilkan, bukan suatu produk normal, akan tetapi sebuah kurva permintaan yang mempunyai kemiringan yang bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Jika harga meningkat dari OPj ke OP2, maka kuantitas yang diminta turun dari OQj ke OQ2. Dalam Gambar I76b, jika harga meningkat dari OPj ke OP2, maka kuantitas yang diminta juga meningkat dari OQg ke OQ. Hal ini dapat disebabkan karena: (a) konsumsi yang sangat menyolok (lihat VEBULN EFFECT); (b) suatu pandangan umum bahwa apabila harga meningkat maka kualitas juga pasti meningkat, (c) atau karena produk tersebut adalah suatu BARANG GIFFEN (GIFFEN GOOD).
Lihat juga CARDINAL UTILITY, MARGINAL UTILITY, ORDINAL UTILITY, TOTAL UTILITY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *