PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN NILAI TAMBAH

17 views

VALUE ADDED / NILAI TAMBAH adalah perbedaan antara nilai dari output suatu perusahaan (atau suatu industri), yaitu total pendapatan yang diterima dari penjualan output tersebut, dan biaya masukan dari bahan-bahan mentah, komponen-komponen atau jasa-jasa yang dibeli untuk memproduksi output tersebut. “Nilai tambah” adalah nilai yang ditambahkan oleh suatu perusahaan ke bahan-bahan dan jasa-jasa yang dibelinya melalui produksi dan usaha-usaha pemasarannya.
Lihat VALUE-ADDED TAX.

VALUE-ADDED TAX (VAT) / PAJAK PERTAMBAHAN NILAI adalah suatu PAJAK TIDAK LANGSUNG (INDIRECT TAX) yang dibebankan oleh pemerintah pada NILAI TAMBAH (VALUEADDED) suatu BARANG (GOOD) atau JASA (SERVICE). Pajak tersebut didasarkan pada perbedaan antara nilai output yang bersangkutan dengan nilai masukan-masukan yang digunakan untuk memproduksi barang atau jasa tersebut. Jumlah akhir pajak ditambahkan pada harga penjualan barang yang dikenakan pajak dan yang kemudian dibayar oleh pembeli. Misal-nya, pedagang B menjual output seharga £100 per unit, pilai dari masukan-masukan nya adalah sebesar £80 per unit. Karenanya, nilai tambah output tersebut adalah sebesar £20 per unit. jika pajak pertambahan nilai ditetapkan sebesar 10%, maka harga penjualan barang tersebut adalah £110, di mana £10 merupakan jumlah pajak yang dibayar oleh pembeli. Pedagang B kemudian akan mengurangkan £10 pajak pertambahan nilai output tersebut dengan jumlah yang telah dipungut dari langganan terakhir sebesar £8 berupa pajak nilai tambah masukan dari masukan yang telah dibelinya dengan nilai sebesar £80, dan selisihnya yaitu sebesar £2 dibayarkan kepada pemerintah. Dengan cara yang sama, pedagang A (orang yang menyediakan masukan senilai £80 per unit ke pedagang B) /elah memungut pajak pertambahan nilai output sebesar £8 dari pedagang B, dan pedagang A akan mengurangkan pajak pertambahan nilai masukan yang telah dia bayarkan dan membayarkan sisanya kepada pemerintah. Total dari semua jumlah yang dikirimkan oleh pedagang A, B dan pedagang lain pedagang kepada pemerintah akan sama dengan £10 yang telah dibebankan pada penjualan terakhir kepada pelanggan.
Di Inggris, beberapa produk dibebaskan dari pajak pertambahan nilai, atau tarifnya adalah nol, sementara untuk beberapa produk lainnya, pajak pertambahan nilai dibebankan dengan tarif-tarif yang berbeda-beda untuk kelompok produk yang berbeda-beda. Contoh, (dewasa ini) pakaian anak-anak dibebaskan dari pajak pertambahan nilai, sementara mobil dikenakan beban pajak pertambahan nilai sebesar 17,5%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *