Advertisement

Organ-organ Liar dan Termodifikasi, Uraian terdahulu mengenai berbagai ciri luar tumbuhan berbunga berlaku bagi sebagian besar tumbuhan kelompok tersebut, tetapi banyak organ yang tidak sesuai dengan tipe ideal itu. Organ-organ yang tidak tipikal itu terjadi karena: (1) organ-organ tersebut mungkin tidak tampil dalam posisi normal, dan (2) organ-organ tersebut bermodifikasi untuk melaksanakan fungsi khusus seperti penyimpanan atau pe-nunjang tambahan.

Organ-organ yang tumbuh dalam posisi tidak normal disebut organ liar. Akar-akar lateral sering tumbuh dari batang, terutama pada tumbuhan memanjat dan merayap (1.4). Demikian pula kuncup lateral yang biasanya tumbuh pada ketiak daun, dapat timbul dari tepi daun cocor bebek (Bryophyllum pinnatum), atau dari akar umbi ketela rambat (Ipomoea batatas), yang sebenarnya adalah akar-akar liar yang membengkak.

Advertisement

Batang, daun, dan kadang-kadang akar, mungkin bermodi-fikasi sedemikian rupa sehingga sering sukar untuk mengenal-nya. Namun, dengan mempelajari posisinya dalam kaitan dengan struktur lain, biasanya mungkin saja menentukan sifat-sifat morfologinya. Sebagai contoh, duri dahan berkayu terdapat pada jenis-jenis Bougainvillea dan mahkota duri (Euphorbia milii), tetapi dari posisi masing-masing dapat diketahui bahwa duri dahan Bougainvillea adalah modifikasi dahan, sedangkan duri pada mahkota duri adalah modifikasi daun penumpu. [N.B. Daun penumpu adalah suatu struktur lateral yang sering berbentuk seperti daun dan terdapat pada dasar tangkai daun berbagai jenis tumbuhan, misalnya kacang gude atau kacang hiris (Cajanus cajan).]

 

Advertisement