Advertisement

Biasa menuliskan namanya dengan W.A.F.J. Tumbelaka, dokter dan guru besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (sejak 1981). Pada tahun 1982- 1986 ia menjabat Pembantu Rektor I Universitas Indonesia, Jakarta.

Tumbelaka lahir di Kotamubagu, Sulawesi Utara. Pada tahun 1955 ia menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Am-sterdam, Belanda, dan lima tahun kemudian di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Advertisement

Selanjutnya, ia mengikuti pendidikan gastroenterologi anak di Kanada (1962) dan di Universitas Sri Lanka (1975). Pengabdiannya dalam bidang pendidikan disalurkan lewat almamaternya. Dalam perjalanan kariernya, ia pernah menjabat Pembantu Dekan III, Pembantu Dekan I, dan kemudian Pejabat Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (1970-1977). Sejumlah organisasi yang berkaitan dengan profesi kedokteran pun dimasukinya. Antara lain, ia menjadi Presiden ASEAN Pediatric Federation 1978-1983) dan Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (1981). Dokter ini dikenal sebagai penganjur gigih pemanfaatan air susu ibu untuk bayi.

Advertisement