MENGENAL TRIPOLI

adsense-fallback

Ibu kota dan kota terbesar di negara Libya, Afrika Utara. Nama Arabnya Tarabulus, terletak di tepi Laut Tengah. Selain merupakan kota pelabuhan, Tripoli juga merupakan pusat perdagangan dan pembuatan kapal. Kota ini mula-mula hanya merupakan sebuah oasis yang luasnya 49 kilometer persegi, tetapi kini telah berkembang dan meliputi gurun pasir di sekeliling oasis tersebut. Penduduknya sekitar 820.000 (1982), yang sebagian besar merupakan keturunan Arab. Kini Tripoli berkembang pesat setelah di negara ini ditemukan tambang minyak bumi. Hasil ii dustrinya antara lain adalah pengilangan minyak bumi, industri tekstil, karpet, penyamakan kulit, pengawetan makanan, dan buah-buahan.

adsense-fallback

Tripoli berarti “tiga kota”, dan sesuai dengan namanya kota ini terbentuk dari tiga kota, yakni kota Oea, Leptis Magna (sekarang Lebda), dan Sabrata. Sejak jaman dahulu kota ini merupakan kota pelabuhan yang sangat ramai dikunjungi oleh kapal-kapal dari wilayah lain. Kota Tripoli pernah dikuasai oleh Kekaisaran Romawi, Bizantium, Ottoman, Arab, Spanyol, dan Italia. Pada abad ke-17 dan ke-18 kota ini h i mpir dimusnahkan oleh pasukan Perancis dan Inggris, dan tahun 1801 diserang pasukan Amerika Serikat gara-gara kapal Amerika Serikat diserbu oleh bajak laut di kawasan Afrika Utara. Terakhir kota ini dikuasai oleh Italia (191 1), dan merdeka setelah Perang Dunia II berakhir.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback