MENGENAL TONOWI

adsense-fallback

Adalah pemimpin desa pada masyarakat Kapauku yang berdiam di dataran tinggi bagian tengah Irian Jaya. Tiap desa biasanya terdiri atas tidak lebih dari 16 rumah. Beberapa desa yang berdekatan selalu membentuk federasi desa, sebagai kesatuan politik yang terbesar dalam masyarakat Kapauku. Pemimpin suatu federasi desa adalah salah seorang tonowi yang terbesar dalam federasi tersebut.

adsense-fallback

Seorang tonowi merupakan penguasa yang berwewenang menyelesaikan persoalan sosial, ekonomi, dan politik yang terjadi dalam lingkungan kekuasaannya, sekaligus bertanggung jawab menghadapi persoalan dari luar. Ketika peperangan antara federasi desa masih sering terjadi, tonowi berhak menentukan perlu tidaknya mengadakan perang atau perdamaian dengan federasi desa yang lain. Sjamun, bagi orang Kapauku, pengikut tonowi tidaklah dipandang berke-dudukan rendah, melainkan setiap orang sama tingkatnya dan sama-sama mencintai kebebasan.

Setiap lelaki warga masyarakat dapat menjadi tonowi, dengan syarat-syarat tertentu, antara lain harus pandai berperang, pandai berbicara, dan suka membagi-bagikan kekayaannya. Oleh sebab itu, seorang tonowi harus kaya dan mau berusaha keras mengumpulkan kekayaan. Untuk mengumpulkan kekayaan, orang yang ingin menjadi tonowi selain bekerja sendiri, juga akan berusaha memperoleh tenaga bantuan dengan jalan mengawini lebih dari satu perempuan. Seorang tonowi sering kali beristri sampai lima, bahkan sepuluh orang.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback