MENGENAL TIMUR LENG (1336-1405)

adsense-fallback

Atau Timur Lenk, atau Tamerlane, pemimpin Moghul, penakluk dunia pada akhir abad ke-14 dan awal abad ke-15. Derap pasukan kudanya menjadi momok di Asia Tengah dan Asia Kecil, dari India hingga Eropa Timur. 7 menaklukkan Persia (1387), Kaukasus (1392), Inciia (1398), Suriah (1400), dan Turki (1402). Walaupun Dinasti Timur hanya bertahan selama satu abad, mereka menurunkan raja-raja Moghul di India. Timur Leng memberi sumbangan besar bagi kebangkitan kembali ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam pada masa itu. Ia membangun Samarkand sebagai kota budaya dan pusat kalangan cerdik pandai. Di sinilah cucu Timur, Ulugh Beg, membangun observatorium bintang-bintang dan dengan bantuan para ilmu an Persia membuat tabel astronomi yang sampai sekarang masih dipertahankan.

adsense-fallback

Timur lahir di dekat Samarkand. Ia berasal dari suku bangsa Mongol Pengembara. Suku bangsa ini menyebar ke arah barat mengikuti Chaghatai, anak Genghis Khan yang menjadi “khan” di Turkestan. Setelah menguasai Transoxania, kemudian Turkestan, ia mengangkat dirinya sebagai raja. Ia merebut daerah Khwarizm di bagian barat dan Moghulistandi bagian timur, kemudian Khurasan (Afganistan) tahun 1381. Setelah itu, pasukannya tak tertahankan lagi. Mereka menyerbu ke arah barat melampaui Irak, Suriah, dan Anatolia. Serangan dari sesama kepala Mongol Pengembara memaksa Timur menarik pulang pasukannya, tetapi pada tahun 1393 ia kembali memimpin laskarnya berperang sehingga berhasil merebut kembali Iran, Irak, Anatolia, dan negara di Asia Kecil, lalu menyerbu India. Pada tahun 1398 ia menyeberangi Sungai Indus, menghancurkan kota Delhi, dan membunuhi penduduknya. Ia menghancurkan pasukan Mesir tahun 1400 dan pasukan Turki dua tahun kemudian. Dengan keberhasilan itu, wilayah kekuasaannya terbentang dari Sungai Eufrat sampai Sungai Indus. Merasa belum puas dengan, hasil yang dicapainya, ia menyerbu Cina untuk menaklukkan Kaisar Ming (1404). Namun, sebelum niatnya terlaksana, ia menderita sakit dan meninggal dunia dalam perjalanan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback