Advertisement

Pendaki gunung yang berasal dari suku Sherpa di Nepal. Bersama Sir Edmund Hillary dari Selandia Baru, ia menjadi pendaki gunung pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia (8.848 meter) pada tanggal 29 Mei 1953.

Tenzing Norgay lahir di Nepal. Ketika berusia 18 tahun ia pindah ke Darjeeling, India. Pada tahun 1935, ketika bekerja sebagai kuli pengangkut barang, ia melaksanakan ekspedisinya yang pertama kc Gunung Everest. Hampir setiap tahun ia bergabung dengan berbagai ekspedisi penjelajahan Pegunungan Himalaya.

Advertisement

Pada tahun 1951, bersama suatu ekspedisi Peran- cis, ia mendaki Gunung Nanda Devi hingga ke puncak bagian timur. Selanjutnya, ia bergabung dalam dua ekspedisi S wis ke Gunung Everest (1952). Setahun kemudian, bersama Edmund Hillary, pendaki gunung asal Selandia Baru, ia berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di dunia itu. Karena pengalaman dan jasa-jasanya dalam pendakian gunung, ia ditunjuk sebagai direktur pendidikan lapangan di Himalaya Mountaineering Institute, Darjeeling, India. Biografinya, Tiger of the Snows (Harimau Salju, 1955), dikerjakannya bersama James Ullman.

Advertisement